Sukses

Bulog Bakal Jamin 3 Komoditas Pangan

Pemerintah akan meminta perusahaan BUMN lain untuk sisa komoditas yang belum dapat dijamin oleh Perum Bulog.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi telah memastikan Perum Bulog hanya akan menjamin tiga komoditas pangan.

Deputi Bidang Industri Agro dan Farmasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wahyu Kuncoro mengungkapkan perluasan kewenangan Bulog tersebut akan didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres).

"Jadi pastinya nanti mungkin hanya tiga komoditas pangan saja, yaitu beras, jagung dan kedelai. Sebelumnya pangan pokok itu ada 11 komoditas, itu jadinya hanya tiga," kata Wahyu saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (20/2/2016).

Wahyu menuturkan, salah satu yang akan diputuskan untuk menguatkan peran Bulog tersebut akan ada Instruksi Presiden (inpres) yang menetapkan pengadaan harga gabah kering panen‎.

Namun begitu, sisa komoditas yang belum bisa dijamin oleh Perum Bulog, pemerintah bakal mengarahkan untuk bisa dijamin oleh perusahaan BUMN lainnya.

Ia mencontohkan, mengenai komoditas gula, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) direncanakan melakukan hal itu.

Wahyu menambahkan, demi mewujudkan stabilitas harga pangan dan mewujudkan swasembada pangan seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), perusahaan BUMN akan lebih digerakkan, tidak hanya Perum Bulog saja.

Perluasan penugasan Perum Bulog yang hanya tiga komoditas tersebut, Wahyu menuturkan diputuskan berdasarkan kapasitas Perum Bulog itu sendiri. "Karena kemampuan Bulog belum mumpuni, terutama jumlah SDM nya," kata Wahyu. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini