Sukses

Setahun Menjabat, Menteri Susi Rombak Besar-besaran Internal KKP

Dalam setahun terakhir, KKP berhasil menerbitkan banyak produk hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Baru setahun menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dinilai telah berani melakukan perombakan besar-besaran di internal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Syarief Widjaja mengatakan, sejak dipimpin oleh Menteri Susi, kementerian telah melakukan perubahan besaran-besaran pada sumber daya manusia (SDM). Perubahan itu dilakukan agar personel KKP bisa mengimbangi kecepatan dari Menteri Susi.

"SDM (sumber daya manusia) kami secara terstruktur telah kami lakukan gerakan perubahan di seluruh internal KKP supaya bisa menyamai kecepatan Ibu Susi," ujarnya di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Dia menjelaskan, sejak dipimpin Menteri Susi, KKP menjadi lebih transparan dengan akuntabilitas yang tinggi dalam mengangkat seseorang untuk menempati suatu jabatan di KKP.

"Dari eselon I, II, dan III kita lakukan assessment de‎ngan jabatan yang tepat. Setahun pertama ini ada perombakan organisasi," kata dia.

Selain itu, dalam setahun terakhir, KKP juga berhasil menerbitkan banyak produk hukum. Tercatat sudah 30 Peraturan Menteri (Permen) dan 100 Keputusan Menteri (Kepmen) ‎yang diteken Susi. Semua ini dengan satu tujuan, agar kedaulatan Indonesia di perairan sendiri bisa ditegakkan.

"Itu penggerak di bidang hukum kita," tegasnya.

Menurut Syarief, dengan adanya perombakan besar-besaran ini, kini KKP bisa mengawasi dan mengelola sumber daya laut Indonesia lebih baik lagi.

"Kami ingin pakai kendaraan yang baik, CC-nya yang tinggi, sekarang kendaraan Ibu Susi sudah siap," tandasnya. (Dny/Gdn)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.