Sukses

‎Sering Blusukan, Para Menteri Ini Dianggap Berkinerja Baik

Kinerja birokrasi pelayanan publik selama 1 tahun terakhir membaik dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP) mengenai satu tahun kabinet kerja Jokowi-JK, mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya dari pakar komunikasi, Prof. Tjipta Lesmana.

Survei tersebut dilakukan dari 24 hingga 29 Oktober 2015 di 34 provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 784 responden. Survei dilakukan dengan teknik multi-stage random sampling. Ambang kesalahan dari survei ini adalah 3,5 persen dan level of confidence 95 persen.

"Survei itu bagus, mendekati kebenaran. Objektif dan metodologinya akuntabel. Hasilnya tidak ngawur, sesuai kenyataan. Menteri yang mendapatkan apresiasi adalah yang bekerja dan blusukan," kata Tjipta dalam keterangannya, Jumat (5/11/2015).

Lihat saja, semua menteri yang dipersepsikan berkinerja baik adalah yang bekerja, seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pusjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy.

"Untuk Menteri Yuddy, saya tahu dia baik dan pekerja. Jadi wajar kalau berdasarkan hasil survei, termasuk yang terbaik kinerjanya," ujar Tjipta.

Untuk para menteri di kabinet kerja, Tjipta menyarankan agar kinerjanya terus ditingkatkan. Kurangi omongan, yang penting kerja, kerja dan kerja. Pasalnya, sakyat sekarang sudah bisa melihat langsung kinerja dari para menteri tersebut. 

Tjipta juga mengupas tentang pelayanan publik pada era Presiden Jokowi yang menurutnya ada perbaikan. Tapi tetap perlu dikritisi, misalnya dalam bidang pelayanan perpajakan. "Ada pengusaha yang minta saya ngomong. Di tengah bisnis yang sulit, mereka dikejar-kejar pajak," ungkapnya.

Demikian juga dalam bidang ketenagakerjaan. Menurut Tjipta harus diperhatikan, di satu sisi ada PHK tapi di sisi lain ada tenaga kerja asing yang mengatasnamakan tenaga ahli padahal kenyataannya tukang.

Sebelumnya, Lembaga Klimatologi Politik (LKP) mencatat ada 7 menteri dengan kinerja terbaik selama setahun pemerintahan Presiden Jokowi-JK. Ini sesuai dengan hasil riset nasional tentang Satu Tahun Kabinet Kerja Jokowi-JK yang dilakukan lembaga tersebut.

CEO LKP Usman Rachman menyebut kinerja birokrasi pelayanan publik selama 1 tahun terakhir membaik dibandingkan pemerintahan sebelumnya. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik juga mengalami peningkatan.

"Membaiknya kinerja birokrasi pelayanan publik di mata masyarakat tidak lepas dari berbagai program Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dipimpin Menteri PANRB dan menteri lain," kata CEO LKP Usman Rachman.

Menurut dia, 7 menteri dengan kinerja terbaik itu, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. 

(Yas/Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.