Sukses

4 Kebiasaan yang Bikin Anda Sulit Kaya

Liputan6.com, New York - Bukan rahasia lagi, besar pasak dari pada tiang atau lebih besar pengeluaran jika dibandingkan dengan pendapatan akan berakibat buruk pada kehidupan Anda.

Namun, meskipun pengeluaran Anda tidak lebih besar dibanding pendapatan juga tidak menjamin Anda bisa kaya. Ada kebiasaan-kebiasaan yang tidak jelas namun berdampak buruk kepada keuangan Anda.

"Cara terbaik untuk menjadi jutawan adalah disiplin dan mampu mengelola prioritas sesuai dengan tujuan," jelas perencana keuangan dari United Capital, Cary Carbonaro.

Dikutip dari CNN Money, Senin (5/10/2015), menurut beberapa perencana keuangan, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda sulit untuk mengumpulkan uang:

1. Menabung hanya dari sisa pendapatan

Jika Anda menabung dari uang sisa pendapatan Anda, saatnya Anda untuk membuat prioritas. "Saat pertama mendapat gaji Anda harus menentukan prioritas. tentukan di awal berapa uang yang akan disimpan di tabungan atau investasi," jelas CEO Bluestone Financial Institutions Fund, Ted Peters.

Saat membuat anggaran, Peters merekomendasikan mulai dari sasaran tabungan. Untuk pertama sekitar 7 persen hingga 10 persen harus disisihkan untuk tabungan kemudian sisanya disesuaikan dengan prioritas.

2. Evaluasi secara berkala 

Jika Anda mendapat kenaikan gaji, jangan lupa untuk ikut juga meningkatkan jumlah tabungan atau investasi Anda.

Oleh karena itu, Perencana keuangan dari Exencial Wealth Advisors, Neil Krishnaswamy menyarankan Anda untuk selalu meninjau ulang rencana dan prioritas setidaknya setahun sekali. Hal tersebut untuk memastikan bahwa rencana Anda bisa terealisasikan.

3. Berinvestasi terlalu konservatif

Saat berinvestasi, sesuaikan instrumen investasi dengan usia Anda. Jika usia Anda masih di bawah 40 tahun, berinvestasilah pada produk yang memiliki risiko tinggi karena biasanya juga memiliki imbal hasil yang tinggi pula.

Namun jika usia Anda sudah lebih dari 40 tahun, mulai berhati-hatilah memilih produk investasi dan tempatkan di instrumen yang lebih aman.

4. Terlalu banyak rekening

Sebenarnya, biaya administasi perbankan tidak akan membuat Anda bangkrut. Namun jiha Anda memiliki banyak rekening, jika dikumpulkan dan dihitung secata tahunan maka biaya administasi sudah bisa digunakan untuk membeli hal yang lebih penting. Oleh karena itu kelola dengan benar rekening Anda.

(Gdn/Ndw)

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman