Sukses

Menteri Susi dan TNI AL Tanam Sejuta Terumbu Karang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan TNI Angkatan Laut (AL) melakukan upaya perbaikan kondisi terumbu karang yang tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Komandan Korps Marinir TNI AL, Brigjen TNI Buyung Lalana mengatakan, hal ini dilakukan melalui program penanaman sejuta bibit terumbu karang di daerah seluas 100 hektare yang berada di 51 lokasi penanaman dengan 257 titik tanam.

"Kami menanam hampir di 257 titik. Total ada satu juta terumbu karang," ujarnya di Graha Marinir, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Dia menjelaskan, kegiatan penanaman terumbu karang ini telah dimulai sejak Mei 2015. Hingga Juli 2015, telah ditanam sekitar 400 ribu bibit terumbu karang dengan luas kawasan tanam lebih dari 30 hektare.

Sementara itu, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi mengungkapkan, kegiatan penanaman ini merupakan bagian dari kegiatan sosial TNI AL, KKP, Kementerian Koordinator Bidang Maritim serta berbagai instansi terkait.

"Ini kegiatan sosial. Anggarannya mungkin di atas Rp 20 miliar," kata dia.

Puncak kegiatan ini akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2015 di Pulau Weh, Aceh. Selain itu penanaman juga dilakukan di Pantai Labuhan Brondong Lamongan, Pantai Desa Girik Cemandi Sedati Sidoarjo Jawa Timur, Pantai Delegan Gresik Jawa Timur dan Pantai Riang Desa Tawiri Ambon. 

Selain itu, penanaman juga akan dilakukan di Pantai Labuan Banten, Pantai Teluk Ratai Lampung, Pantai Bama dan Pantai Pasir Putih Sidoarjo Jawa Timur, Pantai Tugu Trikora Selat Lembeh Bitung Sulawesi Utara, Kawasan Kepulauan Seribu, Pantai Ketapang Teluk Pandan Lampung, Pantai Melur Batam, Pulau Berhala Sumatera Utara, Pantai Tanjung Lesung Banten, Pantai Kadingareng Sulawesi Selatan, dan Pantai Pramuka Kepulauan Seribu. (Dny/Gdn)

Loading