Sukses

Investor Mulai Lirik Lahan di Sekitar Tol Cipali

Kehadiran Tol Cipali diharapkan mampu memperlancar jalur distribusi produk dari pabrik untuk sampai ke tangan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Beroperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan terbukti banyak digunakan oleh masyarakat saat mudik Lebaran lalu rupanya membawa dampak positif bagi masuknya investasi.

Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono, mengatakan bahwa dengan dibukanya jalan Tol Cipali ini membuat beberapa investor melirik lahan di sekitarnya untuk menanamkan investasinya. Salah satunya yaitu dengan membangun kawasan industri dan pabrik.

"Saya kira baru komitmen, memang masih beberapa itu. Baru kita hitung, banyak yang mau masuk," ujarnya di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Dia menjelaskan, ketertarikan para investor tersebut untuk menanamkan modalnya di sekitar Tol Cipali karena dengan jalan bebas hambatan tersebut diharapkan mampu memperlancar jalur distribusi produk dari pabrik untuk sampai ke tangan konsumen.

"Tapi kita lihat dulu industrinya apa, sesuai enggak dengan rencana induk pembangunan nasional kita," kata dia.

Menurut Imam, investor yang masuk harus sesuai dengan fokus pada pembangunan industri di Pulau Jawa, yaitu padat tenaga kerja, pada modal, dan padat teknologi.

"Juga untuk final product atau consumer goods, karena pasar tertinggi di Pulau Jawa," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Paliman.
    Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Paliman.

    Tol Cipali

Video Terkini