Sukses

Mendag Ingin Bawa Pempek Palembang Mendunia

Makanan tradisional dari Indonesia sangat digemari di luar negeri.

Liputan6.com, Palembang - Dalam lima tahun ke depan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia ke luar negeri. Tak tanggung-tanggung, Kemendag menargetkan bisa meningkatkan ekspor sebesar 300 persen.

Untuk merealisasikannya, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel, melirik kudapan khas Sumatera Selatan (Sumsel) untuk memenuhi targetnya. Secara langsung, Mendag RI pun menantang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk memberikan sumbangsihnya untuk mengekspor pempek dan kerupuk Palembang.

“Kita meminta data-data produk apa saja yang bisa dijual menjadi produk global, seperti di World Expo Milan pada 1 Juni lalu. Saya minta Sumsel bisa mengisi paviliun di Milan untuk bisa mengenalkan pempek jadi produk global. Saya percaya, Sumsel bisa menyambut tawaran saya,” ungkapnya di Palembang, Minggu (14/6/2015).

Rachmat memastikan Kemendag siap mendorong peningkatan ekspor pempek dan kerupuk Palembang dengan bahan dasar ikan. Terlebih Indonesia merupakan negara yang kaya akan ikan.

Menurutnya, makanan tradisional dari Indonesia sangat digemari di luar negeri. Namun sayangnya, saat pagelaran World Expo Milan yang bertemakan Food and Energy, makanan khas Indonesia disajikan tidak beragam dan monoton.

 “Pengunjung World Expo Milan rela antre untuk mencicipi makanan khas Indonesia, namun sayangnya makanannya yang disajikan itu-itu saja. Padahal setiap hari ada sekitar 8.000 pengunjung yang datang,” ujarnya. (Nefri Inge/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini