Sukses

Naik Heli Super Puma, Jokowi Resmikan Tol Cikampek - Palimanan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan beroperasinya tol Cikopo-Palimanan di gerbang masuk‎ gerbang tol di Cikopo, Purwakarta pada Sabtu (13/6/2015).

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com dari biro pers Istana Kepresidenan, Jokowi akan berangkat menuju lokasi peresmian menggunakan Helikopter Super Puma dari Base Ops TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dikutip dari agenda Presiden, dijadwalkan Jokowi akan tiba di lokasi peresmian tol yang memiliki panjang 116 kilo meter (km)‎ itu pukul 09.00 WIB.
Menggunakan helikopter dalam peresmian tol terpanjang di RI tersebut dikarenakan untuk efisiensi waktu mengingat setelah itu Jokowi akan melanjutkan kunjungannya di Bakauheni, Lampung.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hediyanto W Husaini mengungkapkan, rencana peresmian jalan tol Cipali dipercepat dari Senin 15 Juni 2015 menjadi Sabtu pekan ini.

"Iya dipercepat peresmiannya. Hadir Pak Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Peresmiannya pukul 09.00," kata dia.

Hediyanto menjelaskan, jalan bebas hambatan ini dibangun oleh PT Lintas Marga Sedaya. Tol Cipali akan memangkas jarak Cikampek-Palimanan hingga 40 kilometer ketimbang pengendara melewati jalur Pantura.

Soal kesiapannya, Hediyanto memastikan, jalan tol Cipali sudah 100 persen siap beroperasi. Seluruh pembangunan akses jalan maupun fasilitas pendukungnya, tambah dia, hanya memakan waktu dua tahun. Sementara percepatannya tiga sampai empat bulan.

"Tidak ada lagi kok pembangunan jalan, semua beres. Dua minggu lalu saya pantau saja tinggal pengecetan, marka, rest area, SPBU. Sedangkan jalannya sudah siap operasi," terangnya.

Kehadiran jalan bebas hambatan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara serta akan menghemat waktu perjalanan pengendara saat mudik Lebaran. (Yas/Ahm)

Loading