Sukses

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cipali pada 13 Juni

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Hediyanto Husaini mengatakan, jalan tol Cipali sudah 100 persen siap beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan pembangunan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 Kilometer (Km) pada Sabtu (13/6/2015). Tol ini merupakan tol terpanjang di luar tol Jakarta-Merak.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hediyanto W Husaini mengungkapkan, rencana peresmian tol Cipali dipercepat dari Senin (15/6/2015) menjadi Sabtu besok.

"Iya dipercepat peresmiannya. Hadir Pak Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Peresmiannya pukul 09.00," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (12/6/2015).     

Hediyanto menjelaskan, jalan tol yang menjadi penghubung tol Jakarta-Cikampek dan Tol Palimanan-Pejagan ini membentang sepanjang 116,75 Km. Dan disebut-sebut menjadi tol terpanjang di Indonesia. "Ya kalau di luar Jakarta-Merak, terpanjang," ucapnya.

Jalan bebas hambatan ini, sambungnya dibangun oleh PT Lintas Marga Sedaya. Tol Cipali akan memangkas jarak Cikampek-Palimanan hingga 40 kilometer ketimbang pengendara melewati jalur Pantura.

Soal kesiapannya, Hediyanto memastikan, jalan tol Cipali sudah 100 persen siap beroperasi. Seluruh pembangunan akses jalan maupun fasilitas pendukungnya, tambah dia, hanya memakan waktu dua tahun. Sementara percepatannya tiga sampai empat bulan.

"Tidak ada lagi kok pembangunan jalan, semua beres. Dua minggu lalu saya pantau saja tinggal pengecetan, marka, rest area, SPBU. Sedangkan jalannya sudah siap operasi," terangnya.

Kehadiran jalan bebas hambatan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara serta akan menghemat waktu perjalanan pengendara saat mudik Lebaran. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini