Sukses

Makan Bareng Buffett, Pengusaha China Ini Bayar Rp 31 Miliar

Penawaran yang dilakukan oleh Zhu Ye ini memang jauh di bawah angka tertinggi yang pernah dicetak pada lelang di 2012.

Liputan6.com, New York - Seorang direktur perusahaan yang mengembangkan bisnisnya di game online asal China telah setuju untuk membayar US$ 2,34 juta atau sekitar Rp 31,02 miliar untuk bisa makan siang secara spesial dengan investor pasar modal ternama Warren Buffett. Direktur tersebut memenangkan lelang yang dananya digunakan sepenuhnya untuk amal.

Mengutip businessinsider, Minggu (7/6/2015), lelang yang diadakan oleh organisasi nirlaba yang fokus membantu menyediakan bantuan untuk orang miskin dan tunawisma dengan nama Glide Foundation ini memang rutin diadakan setiap tahun. Tahun ini adalah lelang yang ke-16.

Glide Foundation mengungkapkan bahwa pemenang lelang tersebut adalah Zhu Ye yang merupakan Direktur Dalian Zeus Entertainment Co. Zhu Ye mengungguli 76 penawaran lain. Lelang tersebut dilakukan melalui situs eBay yang berlangsung selama 5 hari.

Penawaran yang dilakukan oleh Zhu Ye ini memang jauh di bawah angka tertinggi yang pernah dicetak pada lelang di 2012 lalu yang tercatat US$ 3,45 juta atau kurang lebih Rp 45,62 miliar. Namun Glide Foundation menyatakan bahwa dana tersebut bisa membantu untuk menutup kebutuhan tahunan lembaga yang kurang lebih mencapai US$ 16 juta.

"Apa yang kami lakukan ini adalah untuk memberikan semangat kepada orang-orang kami bahwa harapan itu selalu ada," jelas co-founder Glide Foundation Pendeta Cecil Williams setelah lelang berakhir.

Pemenang lelang dapat mengundang atau mengajak 7 teman untuk makan siang bersama Buffett di  Smith & Wollensky steakhouse, Manhattan, Amerika Serikat (AS).

Beberapa pemenang lelang sebelumnya memilih untuk makan siang bersama di restoran steak di Omaha, Nebraska, dimana  Berkshire Hathaway Inc yang merupakan perusahaan yang didirikan oleh Buffett beroperasi selama lebih dari 50 tahun.

Lelang ini dimulai pada 2000 lalu setelah istri pertama Buffett, Susan memperkenalkannya kepada Glide Foundation. Istri pertama Buffett meninggal pada 2004 lalu. (Gdn/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.