Sukses

Warga Jakarta Paling Untung Dapatkan BBM

Kemudahan mendapatkan BBM itu diukur dari pasokan yang selalu tersedia dan harga sesuai ketentuan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan, warga Jakarta sangat diuntungkan untuk mendapat Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, lembaganya telah melakukan survei pada enam kota yang diuntungkan untuk mendapatkan BBM. Dari hasil survei itu menyebutkan, kalau Jakarta termasuk kota yang kendalanya rendah untuk mendapatkan BBM.

"Kami baru melakukan survei, warga Jakarta sangat diuntungkan. Kendala dapat bahan bakar hanya 10 persen," kata Tulus dalam sebuah talkshow di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, (18/5/2015).

Tulus mengungkapkan, kemudahan mendapat BBM tersebut diukur dari pasokan yang selalu tersedia dan harga sesuai dengan ketentuan pemerintah.

"Stok ada harga terjangkau, dibandingkan kendala wilayah lain," tutur Tulus.

Ia menambahkan, wilayah lain yang warganya banyak mengalami kendala untuk mendapat BBM adalah Mataram, Nusa Tengara Barat (NTB) 41 persen, Manado, Sulawesi Utara 34 persen. Biasanya kendala tersebut berupa antrean panjang kendaraan yang ingin mengisi BBM.

"Ada antrean di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) banyak waktu dihabiskan mengantre itu, yang lebih laku malah penjual eceran," kata Tulus.

Seperti diketahui, volume BBM disepakati sebesar 17,9 juta kiloliter (KL) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) 2015. Volume BBM itu terdiri dari minyak solar sebesar 17,05 juta KL dan minyak tanah 0,85 juta KL. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini