Sukses

Mau Jadi Miliarder dalam 2 Tahun? Intip Caranya di Sini

Tidak semua orang bisa bersabar termasuk mencapai kekayaan. Meski demikian ada sejumlah orang yang cepat menyandang status miliarder.

Liputan6.com, Los Angeles- Orang yang tercatat paling cepat mencapai angka kekayaan sepuluh digit adalah Jay Walker. Penemu website travel asal Amerika PriceLine ini menjadi miliarder pada 1999, hanya satu tahun sejak dibangunnya perusahaan itu.

Menurut Forbes yang dikutip Kamis (19/2/2015), miliarder yang cepat menyandang status terkaya yaitu Gary Winnick, penemu perusahaan telekomunikasi Global Crossing (1,5 tahun) dan penemu GroupOn Eric Lefkofsky (2,5 tahun). Bahkan Mark Zukerberg dan Jeff Besos termasuk lambat dalam mencapai status bilyuner. Mereka baru menjadi miliarder empat tahun setelah memulai perusahaan mereka.

Bisa dibilang kesempatan ini sangat kecil dan bergantung pada keuntungan. Dihitung dari populasi orang-orang yang berhasil dibandingkan orang-orang lain di seluruh dunia. Tapi bukan berarti tidak ada jalan sama sekali. Intinya, Anda perlu menciptakan ide hebat untuk menciptakan sesuatu yang memenuhi kebutuhan sebagian besar masyarakat.

Jadi, apa cara tercepat untuk mencapainya? Sekarang ini, mereka yang memulai usahanya ada di mana-mana. Slack, perusahaan software asal San Fransisco, baru saja mencapai US$ 180 juta melalui pendanaan. Sekarang, nilai sudah melonjak ke US$ 1,1 miliar  (setara 14.000 milyar  rupiah) dalam waktu hanya dua tahun.

Jika Anda bisa memulai salah satu dari perusahaan software-as-a-service (perangkat lunak sebagai layanan) -seperti perusahaan akunting Xero atau perusahaan perangkat lunak Atlassian - dan mengembangkannya sampai memiliki pemasukan US$ 50 juta  (setara 650 juta rupiah) per tahun dalam dua tahun mendatang, Anda harus bisa melihat alasan dibalik nilai pendapatan yang bertambah 40 kali lipat.

Salah satu pengguna Quora menyarankan "cari cara untuk mengiklankan di depan mata. Jadi pemain dominan di ruang dengan jutaan pengguna dan pertumbuhan eksponensial". Faktanya, Instagram memperolah 1 miliar setelah dua tahun. Snapchat diduga memiliki US$ 3 miliar penawaran setelah satu tahun.

Berasumsi uang Anda hanya sedikit ketika memulai, Anda harus membentuk sebuah tim.

"Cari dan ajak orang-orang paling pintar yang bisa anda dapatkan -tapi jangan terlalu banyak, dan pikirkan matang-matang ide yang bisa mendatangkan uang." Pengguna lain Quora menambahkan saran.

Ide besarnya adalah: cari perhatian banyak; kerja di tempat terkenal, bisa memproduksi dengan tim yang relatif kecil, jadi pribadi yang cukup menarik untuk mengumpulkan perhatian media. Anda  bisa mengembangkannya dalam tiga sampai enam bulan.

Di tahun kedua, produk Anda sudah seharusnya ada di pasaran dan disukai. Terus awasi penilaiannya, dan ambil semua kesempatan yang bisa mendatangkan uang. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pada akhir tahun kedua pendapatan Anda sudah akan bernilai sekitar US$ 1 miliar. (Indy/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini