Sukses

Sistem INDESO KKP Bakal Dicontoh 3 Negara

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyebut, program INDESO juga akan diimplementasikan oleh sejumlah negara di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Keseriusan pemerintah menangani kegiatan pencurian ikan di perairan Indonesia tampaknya mulai mendapat apresiasi dari negara lain.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, salah satu negara yang menyatakan kekagumannya pada upaya Indonesia memerangi pencurian ikan yaitu Prancis.

"Tadi saya bertemu dengan Duta Besar Perancis dan timnya. Mereka memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan Indonesia," ujar Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Rabu (14/1/2015).

Selain soal tindakan tegas, program Infrastructure Development for Space Oceanography (INDESO) yang dimiliki oleh Indonesia saat ini mulai dicontoh oleh negara lain.

"Vietnam, Thailand dan Filipina menyatakan bahwa mereka juga akan mengimplementasikan sistem INDESO ini pada sistem mereka. Jadi, kita ini jadi pelopor," lanjutnya.

INDESO merupakan sistem yang didesain untuk memantau kondisi perairan Indonesia. Dalam sistem ini, KKP bisa memantau pergerakan kapal yang ada di perairan nusantara. Implementasi sistem ini sebenarnya sudah ada sejak 2012, namun operasionalnya baru dijalankan sejak 2014. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini