Sukses

Pemerintah akan Bangun Fasilitas di 31 Pulau Kecil Terluar RI

Kementerian Kelautan dan Perikanan siapkan dana Rp 770 miliar bangun fasilitas di pulau kecil terluar, dan baru terpenuhi Rp 184 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus berupaya memperbaiki kualitas hidup masyarakat di pulau kecil terluar yang ada di wilayah Indonesia.

Direktur Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rido Miduk Sugandi Batubara mengatakan,pemerintah menargetkan 31 pulau kecil terluar yang akan dibangun fasilitas penunjang kehidupan masyarakat pada 2015.

"Akan ada 31 pulau kecil terluar yang akan kita bangun sektor energinya seperti ketersediaan listrik, air bersih, juga transportasi, kapal antar pulau, dermaga dan lain-lain," ujar Rido di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2015).

Dia menjelaskan, KKP mematok anggaran sebesar Rp 770 miliar untuk membangun berbagai fasilitas tersebut pada 2015, namun hingga saat ini baru terpenuhi sekitar Rp 184 miliar.

"Anggaran ini cukup besar dibanding tahun sebelumnya. 2014 dapat Rp 147 miliar dari Kementerian ESDM untuk bangun pembangkit listriknya," lanjut dia.

Dengan demikian, pada tahun depan harapan pemerintah soal bertambahnya pulau terluar yang mandiri akan tercapai

"Tahun depan pulau terluar mandiri terpenuhi dan kita akan berdaulat dalam bidang kemandirian," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.