Sukses

Tumpeng Berukuran 4 Meter Warnai Peringatan Hari Ikan Nasional

Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Ketua Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono potong tumpeng berukuran 4 meter pakai mobil pemadam kebakaran

Liputan6.com, Jakarta - Saat puncak peringatan Hari Ikan Nasional ke-1, ada hal konyol yang dilakukan Ketua Himpunan Alumni IPB, Bambang Hendroyono memotong tumpeng ikan raksasa berukuran 4 meter dengan mobil pemadam kebakaran

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Minggu (30/11/2014), pemotongan tumpeng tersebut disaksikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sayangnya mantan CEO Susi Air itu tidak ikut memotong tumpeng ikan raksasa.

Satu unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memotong tumpeng empat tingkat itu. Selang pemotongan tumpeng, diikuti dengan pelepasan balon ikan berwarna warni.

Ketua Himpunan Alumni IPB, Bambang Hendroyono mengatakan, sebanyak 5 ribu alumnus IPB dan masyarakat turun ke jalan mengkampanyekan gerakan "Ayo Kita Makan Ikan."

"Kampanye gerakan ini diselenggarakan untuk mendorong peningkatan gizi masyarakat dan kecerdasan IQ secara nasional," paparnya.

Profesor Indra Jaya menjelaskan, kandungan nutrisi ikan sangat lengkap dan berperan dalam merangsang pertumbuhan maupun perkembangan otak anak. Konsumsi ikan diyakini dapat meningkatkan kecerdasan.

"Dari data internasional, IQ kumulatif rakyat Indonesia masih di bawah jika dibandingkan negara-negara di ASEAN. Ironis karena negara kita kaya dengan ikan," terang dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.