Sukses

Ini Misi Dubes AS Temui Menteri Susi Pudjiastuti

Blake mengklaim AS telah mendukung program andalan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O Blake, sangat bersemangat menemui Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ternyata, ada misi khusus yang dibawa oleh Blake.  

Saat Konferensi Pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Blake mengatakan, pemeirntahan AS ingin menjalin kolaborasi untuk memerangi penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) serta konservasi maritim.

"Kami sudah bekerja sama dalam hal penegakan hukum di laut, meningkatkan kemampuan kepolisian air laut serta mendukung dan melindungi hutan bakau sebagai bagian penting dari usaha perikanan," terang dia, Kamis (6/11/2014).

AS, kata Blake, juga telah melakukan banyak koordinasi dengan institusi RI seperti polisi kelautan, angkatan laut RI. Lembaga terkait di wilayah ini pun wajib menjalin koordinasi dengan institusi negara lain.

"Kami memberikan bantuan perlengkapan kepada mereka (polisi laut RI) dan mengadakan lokakarya guna meningkatkan kerjasama internasional," paparnya.

Dengan bantuan dan kerjasama tersebut, Blake mengklaim AS telah mendukung program andalan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"AS sudah mendukung upaya yang dilakukan Jokowi dan KKP untuk akses maritim. Karena dua pertiga negara ini terdiri dari air yang sangat strategis dan banyak kerjasama yang masih bisa dilakukan antara AS dan Indonesia," tegas dia.(Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini