Sukses

Saleh Husin, Putra Rote yang Jadi Menteri Perindustrian

Saat ini, Saleh Husin menjabat sebagai Direktur PT. Varia Prima Bina Jasa dan PT Sapta Kencana Buana.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu nama yang mungkin masih terdengar asing masuk ke dalam jajaran menteri dalam Kabinet yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Saleh Husin. Pria kelahiran Rote, 16 September 1963 ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian pengganti MS Hidayat pada masa Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Saleh merupakan politisi Partai Hanura dan menjadi salah satu anggota DPR pada periode 2009-2004. Husin tercatat aktif sebagai Ketua DPP Partai Hanura periode 2012-2015, setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Hanura periode 2010-2012.

Saleh hidup dalam keluarga yang sederhana. Ketika Kecil, Saleh pernah menjadi penjual kue dan ikan di kampung halamannya, Rote, Nusa Tenggara Timur.

Saleh mengeyam pendidikan fakultas ekonomi di Universitas Krisnadwipayana, Bekasi, Jawa Barat, dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi pada tahun 1996. Dia juga mendapatkan gelar Magister Administrasi Publik di Universitas Krisnadwipayana pada tahun 2007.

Saat ini, Saleh menjabat posisi penting dalam dua perusahaan yaitu Direktur PT. Varia Prima Bina Jasa dan Direktur Utama PT Sapta Kencana Buana. Selain itu, dia juga menjadi anggota di  Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Persatuan Golf Maritim Indonesia (PGMI). (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.