Sukses

Harga Sayur Merangkak Naik Jelang Idul Adha

Beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan antara lain cabai rawit merah, cabai merah kriting, bawang merah dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah sayuran di pasar tradisional mulai mengalami kenaikan. Lonjakan harga tersebut diperkirakan efek dari jelang perayaan hari raya Idul Adha.

Sri Narti (48) salah satu pedagang sayur di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan antara lain cabai rawit merah, cabai merah kriting, bawang merah, kentang dan tomat.

"Naiknya sih nggak banyak, paling rata-rata cuma Rp 1.000-Rp 2.000. Mungkin karena mau lebaran Idul Adha, makanya pada naik," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Seperti untuk cabai rawit merah naik dari sebelumnya Rp 24 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 25 ribu per kg, bawang merah dari Rp 22 ribu per kg menjadi Rp 24 ribu per kg, cabai merah keriting dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 22 ribu per kg.

"Kalau tomat sama kentang naiknya sama. Minggu lalu masih Rp 8 ribu sekarang jadi Rp 10 ribu per kg," lanjutnya.

Meski mengalami kenaikan harga, namun Narti yakin tidak akan terjadi penurunan pembeli. Pasalnya jelang Idul Adha biasanya masyarakat semakin banyak berbelanja sayuran untuk merayakan hari besar umat Islam tersebut.

"Kalau pembeli sama saja, apalagi kalau mau hari kurban, makin banyak. Jadi kalau cuma naiknya sedikit yang beli juga maklum. Asal jangan banyak-banyak naiknya," tandas dia.

Berikut daftar harga sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Wortel Rp 7.000 per kg
Timun Rp 10 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 22 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 25 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 22 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 24 ribu per kg
Bawang bombay Rp 30 ribu per kg
Bawang merah Rp 24 ribu per kg
Bawang putih Rp 13 ribu per kg
Tomat Rp 10 ribu per kg
Jagung Rp 9 ribu per kg
Terong Rp 8 ribu per kg
Kacang panjang 14 ribu per kg
Sawi Rp 7 ribu per kg
Daun bawang Rp 10 ribu per kg
Daun seledri Rp 10 ribu per kg
Kol Rp 8 ribu per kg
Kentang Rp 10 ribu per kg
Buncis Rp 10 ribu per kg. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.