Sukses

Pabrik Baru Mitsubishi di Bekasi Mampu Serap 2.800 Pekerja

Liputan6.com, Jakarta Produsen otomotif asal Jepang, Mitsubishi berencana membangun pabrik keduanya di Indonesia. Pabrik baru yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat ini nantinya akan menambah kapasitas produksi dari pabrik sebelumnya yang sudah ada di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan dengan penambahan kapasitas produksi ini diharapkan mampu meningkatkan ekspor mobil Indonesia yang saat ini serta sebagai pengganti produk mobil impor yang masuk.

"Produksi mereka tahun lalu 150 ribu unit, tahun ini 165 ribu unit. (Dengan adanya pabrik baru) Mereka produksi small MPV, small pick-up seperti colt ditambah L300 MS. Rencananya juga SUV 80 ribuan unit. Jadi 60 ribu untuk  menggantikan impor, sedangkan 20 ribu akan diekspor," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (16/9/2014).

Dengan ada pabrik baru ini, lanjut Budi, akan menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal yang bergerak dalam sektor otomotif sehingga diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

"Sekarang pekerjanya sekitar 4.000 orang di pabrik. Kalau ditambah dengan industri komponennya jumlah pekerjanya sekitar 15 ribuan. Kemudian jadi itu bisa sekitar 2.800 tambahan pekerja," kata dia.

Selain itu, adanya pabrik baru nantinya juga diperkirakan turut mendorong pertumbuhan industri komponen di dalam negeri yang jumlahnya mencapai 40 ribu-50 ribu industri komponen baru.

"Industri komponen kita akan dapat pasar baru. Jadi pabrik ban, pabrik baja kita, semuanya akan mendapatkan costumer baru, untuk suplai ke pabrik Mitsubishi ini," tandasnya.

Sebelumnya, Chairman of The Board CEO Japan’s Mitsubishi Corporation Osamu Masuko menyatakan bahwa pabrik baru tersebut akan mulai dibangun pada Mei 2015 dan ditargetkan mulai beroperasi pada 2017.

Untuk tahap awal, pabrik ini akan memproduksi 160 ribu unit mobil dan akan terus dikembangkan hingga mencapai 240 ribu unit. (Dny/Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online