Sukses

49 Kerajinan Indonesia Sabet Penghargaan WCC Award 2014

Kerajinan Indonesia yang mendapat penghargaan tersebut akan diikutsertakan pada pameran internasional di Dongyang, China Oktober nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Produk kerajinan Indonesia mampu bersaing di kancah global. Terbukti,sebanyak 49 produk unggulan kerajinan Indonesia dianugerahi World Craft Council (WCC) Award 2014.

World Craft Council (WCC) Award 2014 merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Perdagangan dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Kemudian mendapatkan dukungan dari UNESCO Jakarta, Komite Indonesia untuk UNESCO serta Indonesia National Aphada Chapter.

Produk kerajinan Indonesia yang mengikuti acara tersebut sebanyak 253 item. Produk itu terdiri 4 sub region yakni South East Asia 134 produk, South Asia 102 produk, South Pasific 2 produk, dan West 15 produk.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Nus Nuzulia Ishak mengatakan, diperolehnya penghargaan tersebut tak terlepas dari inovasi dan kreativitas para pengrajin.

"Prestasi ini sangat membanggakan. Kita punya potensi besar di bidang kerajinan karena keragaman budaya yang luar biasa. Kuncinya inovasi dan kreativitas," kata dia di Jakarta, Jumat (12/8/2014).

Adapun dalam penghargaan ini produk kerajinan tangan dinilai oleh beberapa kriteria oleh dewan juri.

Pertama, excellent atau tingkat kesempurnaan. Kedua autenthic atau berbasis pada tradisi lokal. Ketiga dilihat dari inovasi desain. Ke empat marketable, yakni dapat diterima oleh pasar domestik dan internasional. Terakhir ialah ramah lingkungan.

Dengan diterimanya penghargaan, produk tersebut akan diikutsertakan jenjang yang lebih bergengsi  ke pameran internasional yang bakal diselenggarakan di Dongyang, China pada 18 sampai 22 Oktober 2014.

"Diharapkan karya-karya tersebut dapat memberikan inspirasi sehingga dapat menghasilkan produk unik, orisinil dan diminati pasar," tukas dia.

Berikut beberapa produk kerajinan Indonesia yang menerima penghargaan tersebut:

  1. Hinggi Kawuru Pa Ngongu Textile Indonesia
  2. Hikung Hemba Padua' Textile Indonesia
  3. Ulap Doyo Hand Fan Indonesia
  4. Batik Jewelry Box Indonesia
  5. Songket Motif Widyahari Textile Indonesia
  6. Cakra Senjata Dewa Wisnu Textile Indonesia
  7. Lenan's Lamtik Stole Indonesia
  8. 'PUJA' clothing Indonesia
  9. Songket Tabur Bintang Textile Indonesia
  10. Tamarin Wood Bowl Indonesia. (Amd/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.