Sukses

6 Trik Pilihan Pegawai Buat Taklukan Stres di Kantor

Mendengarkan musik dan membaca buku menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa stres saat kembali bekerja di awal pekan.

Liputan6.com, New York - Kembali bekerja di awal pekan usai liburan akhir pekan membuat banyak pegawai malas untuk melangkah ke kantor. Terkadang, menghadapi tumpukan pekerjaan usai berlibur juga dapat memberikan tekanan yang lebih berat.

Saat merasakan stres di kantor saat awal pekan, Anda tak perlu khawatir, terdapat beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengusir atau meredakan kemalasan dan stres tersebut.

Melansir laman Lifehack.org, Senin (1/9/2014), sebuah perusahaan riset global mengenai kebahagiaan, Happify, berhasil menemukan sejumlah cara sederhana yang dapat mengurangi tekanan kerja di kantor.

Dalam penelitiannya, Happify menemukan, sebanyak 40 persen pegawai di dunia merasa sangat tertekan dengan pekerjaannya.

Untuk mengatasi tekanan berlebih di kantor, sebanyak 48 persen pegawai yang stres dengan pekerjaannya memilih mendengarkan musik.

Sementara 43 persen karyawan di berbagai negara memilih sekedar berjalan-jalan untuk mengurangi tekanan yang dirasakannya.

Dengan fasilitas internet di kantor, sedikitnya 42 persen pegawai yang disurvei Happify memilih mengakses berbagai situs online untuk menghibur diri.

Sebelum atau setelah bekerja, sebagian karyawan menonton TV guna meringankan beban pikiran mengenai pekerjaan yang ditanggungnya atas tidak merasa stres di kantor.

Sedangkan sekitar 39 persen pegawai yang disurvei juga merasa bahwa membaca dapat membuatnya lebih bahagia dan melepas sebagian tekanan yang terasa.

Meski begitu, ada juga sebagian pegawai yang sudah tidak mampu lagi mengatasi rasa stres di kantor tersebut. Alhasil terdapat sekitar 68 persen pegawai yang memilih mengunjungi pakar kesehatan profesional untuk meminta masukan.

Sekadar informasi, riset tersebut dilakukan dengan menganalisa sejumlah data dan penelitian yang dilakukan pada 2003 hingga 2010 oleh para peneliti mengenai rasa stres di tempat kerja maupun di lingkungan tempat tinggal. (Sis/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini