Sukses

BI Malang Siapkan Uang Tunai Rp 2,7 Triliun Buat Lebaran

Uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan di tujuh kota/kabupaten.

Liputan6.com, Malang - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Malang, Jawa Timur, menyediakan uang sebesar Rp 2,7 triliun untuk  kebutuhan dana tunai dan penukaran uang saat Ramadan dan Lebaran.

Manajer Humas BI Malang, Edy Kristianto mengatakan, uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan di tujuh kota/kabupaten wilayah kerjanya. Antara lain, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo.

"Kami perkirakan serapan uang tunai periode Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sedikit lebih tinggi di banding periode yang sama tahun lalu," kata Edy di Malang, Jawa Timur, Jumat (27/6/2014).

Pada tahun lalu dari total uang tunai yang disiapkan sebesar Rp 3 triliun, hanya terserap sebesar Rp 1,7 triliun. Serapan itu mulai dari untuk realisasi pembayaran gaji hingga penukaran uang.

Terkait penukaran uang, warga sudah bisa melakukan transaksi penukaran uang pada 10 Juli-24 Juli. Pada tahun lalu, penukaran uang dilakukan di 27 bank umum dan 22 Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

"Untuk batas maksimal jumlah penukaran uang, hari ini masih dirapatkan. Harapan kami jumlah bank mitra penukaran uang juga bisa bertambah dibanding tahun lalu," pungkas Edy.(Zainul Arifin/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.