Sukses

Karyawan Sudah Mencium Tanda-tanda Tigerair Mandala Bakal Tutup

Meski tetap terkejut, para pegawai Mandala telah jauh hari menduga perusahaan akan menutup operasi penerbangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman berhentinya operasi PT Mandala Airlines mulai 1 Juli 2014 memang mengejutkan banyak pihak khususnya para calon penumpang yang telah terlanjur membeli tiket penerbangan Tigerair Mandala. Tapi tidak halnya dengan para pegawai Mandala yang telah jauh hari menduga perusahaan akan menutup operasi penerbangannya.

"Sebelumnya kami sudah mulai menduga (Mandala akan tutup-red). Sejumlah rute penerbangan ditutup sejak awal tahun. Sekitar Maret atau April mulai banyak pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Pegawai dan armada mulai dikurangi," terang karyawan Mandala yang enggan identitasnya diungkap saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (20/6/2014).

Saat perusahaan mulai kerap melakukan pemutusan hubungan kerja, dirinya mengaku masih belum terlalu yakin perusahaan akan tutup. Dia masih menganggap itu sebagai salah satu tindakan efisiensi operasional yang diambil maskapai penerbangan murah tersebut.

"Mungkin dengan sedikit orang, biaya operasional bisa berkurang. Saya kurang tahu itu sistem pemutihan atau apa," ujarnya.

Sampai akhirnya, sehari sebelum Mandala menggelar pengumuman penghentian operasi, seluruh karyawan dipanggil, dikumpulkan dan dipertemukan dengan manajemen perusahaan. Kala itu, perusahaan memastikan maskapai tersebut akan berhenti beroperasi pada 1 Juli 2014.

Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain kondisi pasar yang sedang turun, serta meningkatnya biaya operasional akibat depresiasi rupiah yang cukup tajam.

"Kami menerima keputusan perusahaan. Memang kondisinya sudah begitu. Kami semua sedih dan masih sangat berharap Mandala dapat beroperasi kembali," tandasnya. (Sis/Ndw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini