Sukses

2,95 Juta Wisatawan Asing Berlibur ke Indonesia

Angka ini naik 10,64% dari periode yang sama tahun lalu sekitar 2,66 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia hingga akhir April 2014 mencapai 2,95 juta. Angka ini naik 10,64% dari periode yang sama tahun lalu sekitar 2,66 juta orang.

Menurut Kepala BPS Suryamin, kenaikan jumlah kunjungan wisman terjadi hampir di semua pintu masuk utama dengan kenaikan tertinggi di Bandara Internasional Lombok, NTB sebesar 190,59%, kemudian diikuti Bandara Adi Soecipto, Yogyakarta dan BAndara Minangkabau, Sumatera Barat.

"Penurunan terjadi di lima pintu masuk, dengan penurunan tertinggi di Bandara Sepinggan," kata Suryamin di kantornya, Jakarta, Senin (6/2/2014).

Khusus untuk April, jumlah turis asing yang datang ke Indonesia justru menurun 5,13% jika dibandingkan bulan sebelumnya.  Wisatawan mancanegara yang melancong ke Tanah Air pada April mencapai 726,3 ribu orang.

Dia menyebutkan, penurunan hampir terjadi di semua pintu masuk dengan persentase penurunan tertinggi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Bandara Husein Sastranegara, Jawa Barat.

"Di Husein Sastranegara yang biasanya positif jadi menurun. Karena biasanya ini jadi gerbang masuk dari pelancong ASEAN, misalnya Malaysia dan Thailand," terang dia.

Suryamin menuturkan, penurunan jumlah kunjungan wisman April merupakan siklus bulanan karena bulan april merupakan low season.

"Ini merupakan siklus atau tren yang terjadi di April terhadap Maret. Lagipula jumlah hari di April lebih sedikit dibanding Maret yang mencapai 31 hari. Sehari itukan lumayan juga," ujarnya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.