Sukses

10 Negara Dengan Gaji Penduduk Tertinggi di Dunia (I)

Tak disangka, negara kecil dari Asia seperti Brunei justru dapat mengalahkan AS untuk kategori rata-rata kekayaan penduduknya.

Liputan6.com, Quebec - Tak diragukan lagi, ekonomi China telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Meski meraup pendapatan negara yang sangat tinggi, tapi dibagi dengan jumlah populasi penduduk yang mencapai miliaran jiwa, rata-rata pendapatan per kapitanya terhitung rendah.

Seperti dikutip dari The Richest, Jumat (16/5/2014), terdapat sejumlah negara yang mampu menyebarkan kekayaan besar bagi para penduduknya. Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS) yang tercatat sebagai pencetak miliarder terbanyak di dunia.

Di AS, jumlah kalangan super kaya yang hanya berjumlah 1% dari seluruh penduduk membuat kesenjangan semakin besar antara orang kaya dan miskin. Alhasil, AS hanya menempati posisi ke-6 sebagai negara dengan rata-rata pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Tak disangka, negara kecil dari Asia seperti Brunei justru dapat mengalahkan AS untuk kategori rata-rata kekayaan penduduknya. Brunei mampu menghasilkan pendapatan per kapita sebesar US$ 53.431, sementara AS hanya senilai US$ 53.101.

Berikut lima dari 10 negara dengan rata-rata pendapatan per kapita teringgi di dunia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Qatar


1. Qatar

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 98.814

Qatar telah lama terkenal sebagai negara kaya yang penduduknya mampu membeli klub sepakbola hingga maskapai. Sebagian besar kekayaannya datang dari sektor perminyakan.

Sejauh ini, Qater merupakan negara penyimpan minyak ketiga terbesar di dunia yang membuat pendapatan warganya melesat ke level tertinggi di dunia. Dengan jumlah pendduduk 280 ribu jiwa, Qater menjadi tempat terkaya di dunia.

 

3 dari 6 halaman

Luxemburg

2. Luxemburg

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 78.670

Luxemburg, seperti Swiss merupakan negara yang menyandarkan perekonomiannya pada baja dan bahan kimia. Dengan masuknya industri manufaktur ke negara-negara Asia, sektor finansial dan perbankan tumbuh dengan cepat.

Kondisi ini menjadi jalur bagi para penduduknya untuk menjadi semakin kaya.

 

4 dari 6 halaman

Singapura

3. Singapura

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 64.584

Singapura merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Negara tersebut telah menjadi pusat komersil untuk transportasi dan perkapalan di Asia.

Seperti Hong Kong, Singapura merupakan kunci industri finansial. Dalam beberapa tahun ke depan, Singapura akan menjadi lebih kaya.

 

5 dari 6 halaman

Norwegia

4. Norwegia

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 54.947

Meskipun memiliki kekayaan minyak berlimpah, tapi Norwegia tidak hanya bergantung pada sektor tersebut. Kondisi tersebut membuat banyak warga Norwegia menjadi kaya raya. Meski penduduk tidak memiliki akses pada uang tersebut, tapi uang tersebut digunakan untuk menjaga stabilitas negara.

6 dari 6 halaman

Brunei Darussalam

5. Brunei Darussalam

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 53.431

Seperti San Marino, Brunei merupakan salah satu negara kecil lain yang tidak terlalu dikenali banyak orang di dunia. Sebagai negara bekas jajahan Inggris, Brunei merupakan negara kaya dengan kekayaan minyak berlimpah.

Brunei merupakan negara yang mampu mencapai status bebas utang. Penjualan minyak mentah di sana berjmlah 90% dari kekayaan Brunei.

Mau tahu lima negara lainnya yang memiliki penduduk dengan pendapatan tertinggi di dunia? Tunggu artikel selanjutnya. (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini