Sukses

5 Profesi yang Tampak Ilegal Tapi Sah

Di antara ribuan jenis pekerjaan di dunia terdapat sejumlah profesi yang terdengar ilegal padahal sebenarnya tidak begitu.

Liputan6.com, Jakarta Berprofesi sebagai guru, polisi atau dokter tentu bukan hal yang istimewa dan terdengar biasa. Tetapi di antara ribuan jenis pekerjaan di dunia terdapat sejumlah profesi yang terdengar ilegal padahal sebenarnya tidak begitu.

Seperti dikutip dari The Richest, Selasa (11/3/2014), beberapa profesi memang terkesan janggal tapi ternyata sangat berguna dan dibutuhkan. Meski sebagian tampak tidak etis, faktanya secara hukum profesi-profesi aneh itu tercatat legal.

Seperti apa pekerjaan tersebut?. Berikut lima profesi yang tampak ilegal padahal tidak:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyedia Jasa Pelukan

1. Penyedia jasa pelukan

Meskipun nama profesinya masih dipertanyakan, tapi pekerjaannya sendiri tidak ilegal. Para pemeluk profesional memberikan terapi di mana dirinya dapat memeluk klien dalam beberapa waktu.

Selama sesi ini, dua-duanya tetap berpakaian secara normal. Lagipula tidak ada kontak seksual di antara keduanya.

Durasi berpelukan ditentukan oleh jumlah tarif yang dibayar klien. Biasanya para pemeluk profesional mengenakan tarik US$ 1 per menit pada kliennya.

3 dari 6 halaman

Peretas Komputer

2. Peretas (hacker) komputer

Menurut pimpinan Departmen Pertahanan Kejahatan Cyber Amerika Serikat Keith Alexander, pada 2009 dan 2011, serangan pada perangkat komputer tercatat meningkat 11 kali lipat. Sementara pada 2013, para pengguna kartu debit dan kredit juga menjadi korban peretas.

Uniknya, profesi ini sama sekali legal secara hukum. Bahkan pemerintah AS sempat merekrut peretas handal untuk menciptakan program yang kebal virus.

4 dari 6 halaman

Penentu Jenis Kelamin Hewan

3. Penentu gender ayam

Profesi ini bertugas menentukan kelamin anak ayam yang baru menetas. Para produsen telur biasanya hanya menginginkan anak ayam betina. Itu bisa ditentukan setelah telur berusia lima atau enam minggu.

Sementara anak ayam jantan biasanya langsung dijual. Anak ayam betina lantas disuntik hormon agar cepat besar dan bisa bertelur. Tak semua orang bisa melakukannya.

5 dari 6 halaman

Pembuat Status Palsu

4. Penulis testimoni dan profil palsu

Pekerjaan ini memang tidak etis, tapi tak ada salahnya merekrut penulis untuk mengangkat pamor sebuah produk. Profesi ini diminta untuk menulis profil palsu dan mengangkat berbagai hal positif mengenai perusahaan.

Percaya atau tidak, pekerjaan ini tidak ilegal. Bahkan 30% profil perusahaan yg ada saat ini palsu.

6 dari 6 halaman

Pelayan Bar

5. Gadis pelayan bar

Para gadis ini bekerja di bar sebagai penjamu minuman baik yang beralkohol maupun yang tidak. Para penjamu juga bertugas menerima pembayaran tunai dan kartu kredit, membersihkan meja, dan memastikan para.pengunjung memenuhi syarat usia yang ditentukan.

Para penjamu diharuskan memiliki keahlian menjamu dan berinteraksi untuk menarik pembeli. Biasanya untuk mendapatkan pekerjaan ini, Anda harus muda, cantik, menarik dan memiliki tubuh yang proporsional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini