Sukses

9 Miliarder Ini Tetap Bergelimang Harta Meski Negaranya Diambang Perang

"Tujuan seorang pebisnis adalah untuk menghindari pertumpahan darah serta menyebarkan kedamaian dan ketentraman,"

Liputan6.com, Kiev Dalam dua pekan terakhir, ketegangan politik di Ukraina terus mencuri perhatian dunia. Bahkan bentrokan berdarah sempat terjadi di Kiev, ibukota Ukraina saat Presiden Viktor Yanukovych memerintahkan aparat untuk membubarkan para markas demonstran anti pemerintah.

Meski negaranya dirudung konflik dan krisis yang menggoyahkan perekonomian Ukraina, ternyata masih ada warganya yang bergelimangan harta. Dalam daftar orang terkaya yang baru dirilis Forbes, tercatat sembilan konglomerat layak menyabet status miliarder dunia.

Diantaranya adalah pengusaha pipa baja yang menjadi orang terkaya kedua di Ukraina, Victor Pinchuk. Saat banyak pebisnis kaya melarikan diri ke negara lain seperti London, Pinchuk masih tinggal di rumahnya mengawasi setiap aksi yang digelar di jalanan kota.

"Tujuan seorang pebisnis adalah untuk menghindari pertumpahan darah serta menyebarkan kedamaian dan ketentraman," ujarnya.

Tak seperti Pinchuk, miliarder asal Ukraina lainnya, Petro Poroshenko terang-terangan mendukung para pendemo. Pengusaha coklat yang berbelok ke dunia politik itu terkesan tak takut menghadapi risiko atas tindakannya.

Sementara itu, Pinchuk mengaku telah menyiapkan diri menghadapi skenario terburuk yang mungkin menimpa negara sekaligus bisnisnya.

"Saya aktif menghubungi teman-teman saya di bagian barat dan timur, berbicara dengan pengusaha dan politisi, kami membahas apapun yang bisa kami lakukan," tuturnya.

Maklum, kisruh politik di Ukraina memang berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi nasional dan membuat para investor enggan bekerjasama dengan para pengusaha di negara tersebut. Sejauh ini, berikut 9 miliarder yang masih hidup kaya raya di tengah kisruh politik Ukraina seperti dikutip dari Forbes, Rabu (5/3/2014):

1. Rinat Akhmetov

Total kekayaan: US$ 12,5 miliar
Usia: 47
Sumber kekayaan: Bisnis baja dan batu bara

2. Victor Pinchuk

Total kekayaan: US$ 3,2 miliar
Usia: 53
Sumber kekayaan: Bisnis pipa baja

3. Henadiy Boholyubov

Total kekayaan: US$ 2,3 miliar
Usia: 52
Sumber kekayaan: Bisnis perbankan dan investasi

4. Ihor Kolomoyskyy

Total kekayaan: US$ 2,1 miliar
Usia: 51
Sumber kekayaan: Bisnis perbankan dan investasi

5. Yuriy Kosiuk

Total kekayaan: US$ 1,5 miliar
Usia: 45
Sumber kekayaan: Bisnis agrikultur

6.  Vadim Novinsky

Total kekayaan: US$ 1,5 miliar
Usia: 50
Sumber kekayaan: Bisnis baja

7. Petro Poroshenko

Total kekayaan: US$ 1,3 miliar
Usia: 48
Sumber kekayaan: Bisnis coklat

8. Kostyantin Zhevago

Total kekayaan: US$ 1,2 miliar
Usia: 40
Sumber kekayaan: Pertambangan

9. Serhiy Tihipko

Total kekayaan: US$ 1 miliar
Usia: 54
Sumber kekayaan: Bisnis perbankan dan agrikultur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini