Sukses

Presiden Jokowi Ajak Rakyat Indonesia Sukseskan Asian Games 2018

Presiden Jokowi berharap Jakarta dan Palembang sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Jokowi ingin Indonesia menjadi tuan rumah yang baik selama Asian Games.

Dalam Pidato Kenegaraan menyambut HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Jokowi menyatakan agar semua pihak mendukung keberlangsungan Asian Games 2018.

Dia meminta semua pihak berjuang menunjukkan Indonesia siap menjadi yang terdepan dalam mengangkat posisi Asia di dunia. Pria asal Solo ini yakin atlet-atlet Indonesia dapat berprestasi di multievent olahraga antarnegara Asia tersebut.

"Sebagai bangsa yang besar, sebagai salah satu mutiara terindah di Asia dan dunia, Indonesia harus menggunakan Asian Games dan Asian Para Games untuk menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik, bangsa yang berprestasi, bangsa juara dan menjunjung tinggi fair play," kata Joko Widodo, dalam pidato kenegaraan, Kamis (16/8/2018).

Jokowi mengingatkan bahwa dua hari lagi Indonesia akan mendapat kesempatan emas untuk kembali memukau dunia dengan keunggulan dan prestasi Indonesia melalui Asian Games 2018. Dia siap mendukung penuh para atlet untuk mengibarkan bendera Merah Putih.

Setelah penantian 56 tahun, tahun 2018 adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games, yang akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Asian Para Games, yaitu lomba olahraga untuk atlet berkebutuhan khusus. Sebelumnya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kibarkan Merah Putih

"Di dua ajang tersebut, putra putri Indonesia akan berjuang untuk mengibarkan sang Merah Putih, bertanding untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya, berlaga untuk keharuman bangsa Indonesia," katanya.

Indonesia akan menjamu kontingen dari 45 negara, melibatkan lebih dari 11 ribu atlet dan 5.500 petugas, terbesar sepanjang sejarah Asian Games. Sementara Asian Para Games akan menghadirkan lebih dari 5.000 anggota kontingen.

Presiden berusia 57 tahun ini mengajak seluruh anak bangsa agar selalu menjaga optimisme, saling berbagi, berani membuat terobosan dan selalu mengejar prestasi secara bergotong royong.

3 dari 3 halaman

Prestasi Bangsa

Jokowi berharap kerja-kerja besar yang dilakukan menjadi doa bersama, menjadi ibadah seluruh rakyat Negeri Pancasila, menjadi prestasi bangsa, dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Dari Sabang, dari Merauke, dari Miangas, dari Pulau Rote, mari kita berbagi, mari bersama-sama kita bawa Indonesia menjadi negara maju. Kerja Kita Prestasi Bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila!" ucap Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.