Sukses

Asian Games 2018 Pacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro optimistis momen Asian Games 2018 berpotensi memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari sepekan, perhelatan Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Pesta olahraga terbesar se-Asia itu rencananya dibuka pada 18 Agustus mendatang.

Seluruh atlet hingga kini terus giat berlatih. Pembenahan infrastruktur serta fasilitas rutin dilakukan demi suksesnya Asian Games 2018.

Sementara itu, kabar terakhir menyebutkan bahwa 20 kontingen negara peserta Asian Games 2018 mulai menempati Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa hari sebelum upacara pembukaan pesta multicabang olahraga tertinggi di Asia itu.

Inasgoc mencatat 20 negara yang telah menempati Wisma Atlet Kemayoran menghuni sekitar 300 kamar tersedia. Iran menjadi kontingen terbanyak yang hadir di Kemayoran dengan jumlah total 251 atlet dan ofisial.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro optimistis momen Asian Games 2018 berpotensi memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Perkiraan awal kita pertumbuhan ekonomi di Jakarta mencapai 0,34 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Adapun, pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan diprediksi tembus hingga 0,5 persen," ujar Bambang Brodjonegoro usai menjadi pembicara simposium diaspora yang digagas Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Jakarta, Senin 13 Agustus 2018.

3 dari 3 halaman

Tertib dan Damai

Pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun ini memang menyita perhatian banyak pihak, termasuk para buruh nasional yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Presiden KSPI, Said Iqbal, menegaskan masyarakat buruh KSPI mendukung jalannya Asian Games yang tertib dan damai.

"Kehormatan bagi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Nilai yang baik tecermin dari suksesnya pelaksanaan Asian Games. Indonesia harus juara," tutur Said Iqbal belum lama ini di Jakarta.

Asian Games 2018 berlangsung sejak 18 Agustus hingga 2 September. Sebanyak 45 negara peserta berjuang menjadi yang terbaik dengan mengikuti 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.