Sukses

Demam Asian Games Mulai Dirasakan Pelaku UMKM 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengklaim para pelaku UMKM kini mulai merasakan dampak penyelenggaraan ajang olahraga Asian Games 2018.

Dengan diadakannya kirab obor (torch relay) Asian Games di 18 provinsi, para pelaku UMKM di 18 provinsi itu merasakan dampaknya secara ekonomi. Ini disampaikan Puan saat jumpa pers persiapan Asian Games di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Agustus 2018.

Asian Games, kata Puan, ialah kerja seluruh rakyat Indonesia. Keberhasilan penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia ini juga merupakan keberhasilan seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Pengaruh ekonomi di 18 provinsi dengan adanya acara kirab obor mulai terlihat. Banyak masyarakat merasakan, khususnya UKM berjalan baik dan ada peningkatan ekonomi dengan kirab obor," jelas dia.

Obor Asian Games dibawa ke puluhan kota di 18 provinsi. Terakhir obor ini akan dibawa ke GBK saat pembukaan Asian Games pada 18 Agustus nanti.

Puan menambahkan pihaknya akan mengukuhkan atlet kontingen Indonesia pada Minggu, 5 Agustus 2018 mendatang. Agenda ini sekaligus persiapan sebelum para atlet diterima Presiden Joko Widodo pada 10 Agustus nanti.

2 dari 2 halaman

Bertemu Presiden

Saat ini 70 persen atlet kontingen Indonesia berada di Indonesia dan 30 persen lainnya masih mengikuti pemusatan latihan di luar negeri.

"Sebelum tanggal 10 akan tiba di Indonesia. Minta kelapangan dari masyarakat dan stakeholders yang kena imbasnya Asian Games. Event ini hanya dua minggu dan event bersama dan mari sama-sama kita suskeskan," imbau dia.

Puan mengajak seluruh masyarakat menyukseskan agenda internasional ini karena akan berdampak bagi perekonomian masyarakat.

"Akan bisa menambah peningkatan ekonomi mikro atau UKM di semua hal yang berkaitan dengan Asian Games," pungkasnya.

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan Video Piilhan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Uno: LRT Akan Dioperasikan Jelang Asian Games
Artikel Selanjutnya
Mirip Paku Bumi, Sambonesia Jadi Penyelamat Kebakaran Hutan di Lahan Gambut