Sukses

Jumlah Peserta Asian Games 2018 Melebihi Target

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) mengumumkan jumlah atlet dan ofisial peserta Asian Games sebanyak 16 ribu orang. Jumlah itu diketahui setelah penutupan pendaftaran peserta pada 30 Juni 2018.

"Data terakhir yang masuk pada kami, jumlah atlet peserta mencapai sekitar 11 ribu orang. Jika ada tambahan dari ofisial, jumlah total peserta akan mencapai sekitar 16 ribu orang. Jumlah itu melebihi target peserta yang kami perkirakan," kata Ketua Inasgoc Erick Thohir soal peserta Asian Games di Jakarta, Kamis (5/7/2018), seperti dikutip dari Antara.

Erick mengatakan peningkatan peserta Asian Games menunjukkan kepercayaan 45 kontingen Asian Games terhadap Indonesia sebagai tuan rumah. "Kami segera memetakan setiap tim akan berlatih di mana, lokasi pertandingan, serta layanan kepada atlet dan ofisial masing-masing kontingen," ucap Erick.

Jumlah peserta Asian Games, menurut Erick, meningkat 20 persen dibanding peserta pada Asian Games Incheon 2014. Ini tak lepas dari jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni 40 cabang dengan 465 nomor pertandingan.

"Kami juga akan menyiapkan konsekuensi atas peningkatan 20 persen peserta itu, seperti katering, bus, penyiapan kursi penonton, dan lainnya," papar Erick.

2 dari 2 halaman

OCA

Inasgoc, lanjut Erick, juga akan berdiskusi dengan OCA dan federasi-federasi cabang olahraga Asia. Hal ini terkait pertandingan cabang sepak takraw dan arena pertandingan kedua bagi cabang olahraga bola voli.

OCA dan INASGOC menggelar undian pertandingan untuk tujuh cabang permainan Asian Games, yaitu rugby 7's, bola tangan, sepak takraw, bola voli, polo air, bola basket, dan sepak bola.