Sukses

Bonus Medali Emas Asian Games Akan Dekati Olimpiade

Jumlah bonus peraih medali emas Asian Games 2018 akan mencapai angka miliaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi mengatakan besaran bonus bagi atlet nasional peraih medali emas Asian Games 2018 akan mendekati bonus Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang mencapai Rp 5 miliar.

"Belum bisa diumumkan, tapi bonus Olimpiade kemarin berapa? 5 miliar kan, jadi yang jelas lebih besar dari Asian Games Incheon, tapi tidak boleh lebih dari Olimpiade," kata Menpora di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (20/12/2017), seperti dinukil dari Antara.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, atlet Indonesia yang meraih medali emas memperoleh bonus Rp 400 juta. Sedangkan pada Asian Games 2018, Imam menyiratkan jumlah bonusnya akan mencapai angka miliar.

"Sesuai arahan Pak Wapres dan Pak Presiden, bonus bagi peraih emas Asian Games kali ini akan berbeda dari bonus-bonus yang pernah ada, selain uang, peraih emas juga akan mendapatkan rumah, mobil, dan kesempatan menjadi PNS," tuturnya.

Imam menambahkan, semua itu dilakukan untuk meningkatkan semangat para atlet untuk mengharumkan nama bangsa di Asian Games.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas

Persiapan Asian Games 2018 (Cakrayuri Nuralam)

Ketua Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Jusuf Kalla mengatakan selain hadiah bagi yang berprestasi, pemerintah juga akan memfasilitasi pelatihan dan persiapan para atlet.

"Kita siapkan Rp 700 miliar untuk itu. Hanya untuk 8 bulan ke depan, jadi setidak-tidaknya mungkin sekitar Rp 100 miliar untuk satu bulan kita pakai pelatihan-pelatihan itu," paparnya.

"Silakan Anda bikin pelatnas-pelatnas, harus Pelatnas, mau try out ke negara mana, silakan. Semua akan kita berikan, tapi tentu kita minta komitmen prestasinya," lanjut Wapres Kalla.

3 dari 3 halaman

Target

Indonesia menargetkan 20 medali emas untuk masuk 10 besar dalam perolehan medali emas dalam Asian Games 2018. Tapi, menurut Menpora Imam Nahrawi, target tersebut hanya proyeksi awal.

"Proyeksi sebelumnya itu hanya perkiraan saja. Kami akan mengumumkan target medali bagi setiap cabang pada Juni (2018), termasuk medali apa dan berapa," ujar Imam.

"Hal yang pasti adalah pemerintah memberikan apresiasi yang besar untuk setiap atlet yang meraih medali Asian Games dan bonus Asian Games akan berbeda," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.