Sukses

Pengamanan APEC, Panglima TNI: Darat dan Laut Siap Kekuatan Penuh

Penyelenggaraan Konferensi Kerja Sama Ekonomi se-Asia Pasific (APEC) tinggal menghitung hari. Sejumlah delegasi dari negara-negara se-Asia Pasific akan berkumpul di Nusa Dua, Bali.

Panglima TNI Jendral TNI Moeldoko menyatakan pihaknya telah melakukan persiapan terkait pengamanan jalannya konferensi APEC tahun ini. Tak tanggung-tanggung, prajurit TNI juga telah diterjunkan di lokasi penyelenggaraan APEC dengan kekuatan penuh.

"Sudah clear semua. Laut sudah siap dengan kekuatan full, darat juga siap," kata Moeldoko ketika memberikan keterangan persnya di Skuadron II Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Tak ketinggalan Moeldoko menyatakan pihaknya juga telah bersinergi dengan pihak keamanan setempat untuk menjaga keberlangsungan jalannya konferensi tingkat dunia itu.

"Kita juga gunakan pengamanan setempat untuk bersinergi. Jadi aplikasinya bagaimana dalam membina teritorial itu sendiri," tambah Moeldoko

Sejumlah pemimpin dunia akan hadir di Bali. Termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Sebelumnya, pihak Gedung Putih memastikan, Obama akan ke Indonesia dan menghadiri KTT Asia Timur di Brunei Darussalam. Sementara, kunjungan ke Malaysia dan Filipina dibatalkan. Di dua negara itu, kehadiran Obama diwakili Menlu John Kerry. (Ein/Sss)
Loading