Sukses

Kerennya, Bandara New Ngurah Rai Bali

Bandara Ngurah Rai berdiri megah menyambut perhelatan KTT APEC 2013 yang akan diseleggarakan di Bali, 1 Oktober-8 Oktober 2013.

Bandara Ngurah Rai,  bandara terbaik di Indonesia dan berkelas dunia siap menyambut tamu-tamu spesial yang bakal menghadiri perhelatan Asia-Pasifik Economic Cooperation (APEC) yang akan diseleggarakan di Bali pada 1 Oktober-8 Oktober mendatang.

Bandara yang baru diresmikan pekan lalu ini dilengkapi dengan berbagai ornamen dan icon khas Bali. Beberapa icon khas Bali seperti Candi Bentar, Balai Kulkul, dan gelombang ombak pantai Kuta turut menjadi ornamen yang melengkapi kegagahan Bandara Ngurah Rai.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono sebelumnya mengungkapkan, Bandara Ngurah Rai saat ini adalah bandara terbaik di Indonesia. Bahkan menurut dia,  Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono mengacungi dua jempol atas kemegahan dan kecepatan pembangunan Bandara Ngurah Rai.

Tak tanggung-tanggung, dana yang dihabiskan untuk membangun bandara tersebut mencapai Rp 3 triliun.  Berikut penampakan kemegahan Bandara Ngurah Rai, Bali:


1. Candi Bentar

Candi yang biasanya digunakan masyarakat Bali sebagai gapura selamat datang menjadi salah satu icon Bandara Ngurah Rai. Bangunan tersebut sengaja dibangun guna menyambut para delegasi APEC 2013.

Meski belum rampung 100%, Candi Bentar di Bandara Ngurah Rai sudah kokoh berdiri. Namun para wisatawan asing dan domestik sudah menggunakannya sebagai latar untuk berfoto. 




2. Atap `Sea Wave`

Bangunan penerbangan internasional Bandara Ngurah Rai membuat banyak penumpang tertarik. Bagaimana tidak, bentuk atapnya menyerupai gelombang ombak pantai Kuta atau model atap yang disebut `sea wave`. Bentuk atap sea wave merupakan yang pertama di dunia.




3. Parkir mobil

Parkir mobil penerbangan internasional bandara Ngurah Rai terdiri dari lima lantai teras. Bentuknya yang bersusun sengaja dibentuk menyerupai sawah berundak khas Bali seperti misalnya yang berlokasi di Ubud. Parkir tersebut mampu menampung 800 mobil pribadi. 




4. Plang Bandara Ngurah Rai

Plang ini terpampang besar menyambut kedatangan pesawat baik domestik maupun internasional. Tulisannya menggunakan huruf kapital berwarna merah.  




5. Balai Kulkul

Setiap rumah adat Bali memiliki balai kulkul. Di luar bandara untuk penerbangan internasional terdapat 10 balai kulkul di sebelah kiri dan lima kulkul di bagian kanan. Sedangkan di dalam bangunan, terdapat empat balai kulkul.



6. Check in Counter Penerbangan Internasional

Di bandara khusus penerbangan internasional, sebanyak 92 counter disiapkan bagi para turis asing untuk check in. Lokasi check in dilengkapi dengan pengamanan yang ketat. Dua hari sebelum APEC diselenggarakan, ruangan tersebut masih terlihat sepi



7. Toilet wanita

Toilet wanita di bandara Ngurah Rai terlihat bersih dan eksotis.Terdapat beberapa bunga yang diletakkan di atas piring di dekat kaca. Ruangan tersebut juga dilengkapi dengan lukisan-lukisan bunga yang eksentrik.



(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.