Sukses

Presiden Hadiri APEC, Pantai Nusa Dua Ditutup

Kawasan Pantai Nusa Dua menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para pelancong saat berada di Bali.

Kawasan Pantai Nusa Dua menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para pelancong saat berada di Bali. Namun sayang, area ini akan ditutup selama penyelenggaraan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Nusa Dua, Bali.

Kawasan tersebut memang tidak jauh dari tempat APEC berlangsung yang berada di wilayah Bali Tourism and Development Corporation (BTDC) Lot N-3 Nusa Dua. Area Nusa Dua masuk dalam daerah pengamanan Ring I sehingga tak luput dari penjagaan para petugas keamanan.

Saat tim Liputan6.com mencoba mengunjungi pantai Nusa Dua pukul 20.00 WITA, tiba-tiba ada petugas atau pengawas Area Ring I memberhentikan beberapa kendaraan yang ingin menembus kawasan tersebut, termasuk kendaraan kami.

"Maaf Beli, mau ke mana?," tanya petugas tersebut yang disapa Adi kepada supir Liputan6.com, Minggu (29/9/2013) malam.

"Kami ingin ke pantai," jawab supir itu.

"Maaf kawasan ini sementara ditutup untuk umum sejak pagi pukul 08.00 WITA," ucap Adi.

Ketika dikulik lebih dalam, dia mengatakan bahwa ternyata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja menyambangi kawasan Nusa Dua pada pukul 11.30 WITA.

"Harusnya mulai tanggal 2 Oktober 2013 kawasan ini baru ditutup. Tapi jam setengah 12, Presiden datang memantau area Nusa Dua yang jadi tempat berlangsungnya APEC, termasuk pantai ini," tukas dia.

Lebih jauh Adi menjelaskan, area tersebut saat ini sudah steril dari seluruh aktivitas pengunjung. Pasalnya di daerah tersebut, Presiden beserta jajarannya menginap di Sofitel Hotel.

"Kalau SBY dan pejabat lain, kayak Kapolri dan Polri nginapnya di Sofitel Hotel tapi ada tiga Presiden dari luar negeri yang sudah booking hotel di Conrad," lanjutnya.

Dia mengakui bila, pengamanan ketat berasal dari gabungan petugas keamanan yang jumlahnya ribuan orang dari Indonesia maupun asing.

"Jadi petugas keamanannya itu sekalian berjaga saat acara Miss World 2013 berlangsung. Dan rencananya bakal ada pasukan pengaman khusus untuk berjaga-jaga saat Presiden Barrack Obama tiba di Indonesia pada 5 Oktober 2013," beber Adi.

Untuk itu, sambung dia, Ring I yang masuk kawasan Club Med Nusa Dua ini ditutup sampai 10 Oktober ini dan akan kembali dibuka untuk umum pada 11 Oktober 2013.

Sementara itu, saat ingin meminta konfirmasi kedatangan SBY kepada dua orang polisi yang tengah berjaga di kawasan Ring I, mereka enggan berkomentar banyak.

"Kalau itu kami tidak tahu, karena kami cuma ditugaskan berjaga saja. Coba ditanyakan langsung kepada atasan kami," pungkas salah seorang polisi sambil melahap makan malamnya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.