6 Fakta Menarik Cina, Negara Anggota G20 Penghasil Beras Terbesar di Dunia

China, secara resmi Republik Rakyat Cina adalah salah satu negara kawasan Asia Timur penghasil beras terbesar di dunia.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 07 Nov 2022, 08:30 WIB
Anak-anak memegang bendera China saat upacara pengibaran bendera di sebuah taman kanak-kanak di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, Selasa (30/6/2020). Hong Kong menandai 23 tahun penyerahan dari Inggris ke Cina pada 1 Juli. (STR/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Cina, secara resmi Republik Rakyat Cina salah satu negara kawasan Asia Timur. Populasi penduduknya adalah yang terbesar dari semua negara Asia dan dunia. Menempati hampir seluruh daratan Asia Timur, mencakup sekitar seperempat dari luas daratan Bumi.

Di antara negara-negara besar di dunia, Cina hanya dilampaui oleh Rusia dan Kanada, dan hampir seluas seluruh Eropa. Negara ini dibatasi oleh Mongolia di utara, Rusia dan Korea Utara di timur laut, Laut Kuning dan Laut Cina Timur di sebelah timur, Laut Cina Selatan di tenggara, Vietnam, Laos, Myanmar (Burma), India, Bhutan, dan Nepal di selatan, pakistan di barat daya dan Afghanistan, Tajikistan, Kirgistan, dan Kazakhstan di barat.

Mengutip dari Britannica, Senin (7/11/2022), selain 14 negara yang berbatasan langsung dengannya, Cina juga berhadapan dengan Korea Selatan dan Jepang, di seberang Laut Kuning, dan Filipina yang terletak di luar Laut China Selatan. Beijing merupakan ibu kotanya, juga merupakan pusat budaya, ekonomi, dan komunikasi negara tersebut. Sementara Shanghai adalah kota industri utama, Hong Kong adalah pusat komersial dan pelabuhan terkemuka.

Keragaman relief Tiongkok dan iklimnya telah menghasilkan salah satu rangkaian relung ekologi terluas di dunia, dan relung ini telah diisi oleh sejumlah besar spesies tumbuhan dan hewan. Hampir semua jenis tanaman Belahan Bumi Utara, kecuali tundra kutub, ditemukan di Cina. Meskipun manusia terus-menerus masuk selama ribuan tahun, Cina masih merupakan rumah bagi beberapa hewan paling eksotis di dunia.

Masih banyak hal lainnya tentang Cina. Berikut enam fakta menarik Cina yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Cina telah menjadi negara sosialis sejak tahun 1949 dan hampir sepanjang waktu itu pemerintah telah memainkan peran utama dalam ekonomi. Di sektor industri, misalnya, negara sudah lama memiliki hampir semua perusahaan yang memproduksi hasil manufaktur Cina.

Dalam menjalankan pemerintahannya, Cina memiliki 3 pilar utama yang berfungsi mengendalikan dan menjalankan pemerintahan China. Ketiga pilar tersebut adalah Partai Komunis Cina (PKC), Militer, dan Pemerintah Lembaga Eksekutif dalam pemerintahan China terdiri dari Presiden, Wakil Presiden, dan Dewan Negara. Presiden bertugas mengurus hubungan negara dan menerima representasi diplomatik dari negara lain.

 

2 dari 4 halaman

2. Etnis

Seorang wanita melewati fasilitas pengujian virus corona yang memajang poster yang mempromosikan vaksinasi COVID-19 di Beijing, Rabu (26/10/2022). Kota Shanghai di China mulai memberikan vaksin COVID-19 yang dapat dihirup pada hari Rabu di tempat yang tampaknya menjadi yang pertama di dunia. (AP Photo/Andy Wong)

Cina adalah negara multinasional dengan populasi yang terdiri dari sejumlah besar kelompok etnis dan bahasa. Han, kelompok terbesar melebihi jumlah kelompok minoritas atau kebangsaan minoritas di setiap provinsi atau daerah otonom kecuali Tibet dan Xinjiang. Han, membentuk massa homogen besar orang-orang Cina, berbagi budaya yang sama, tradisi yang sama, dan bahasa tertulis yang sama.

Untuk alasan ini, dasar umum untuk mengklasifikasikan populasi negara sebagian besar adalah linguistik daripada etnis. Sekitar 55 kelompok minoritas tersebar di sekitar tiga perlima dari total wilayah negara itu. Kelompok minoritas ini ditemukan dalam jumlah besar, mereka telah diberi semacam otonomidan pemerintahan sendiri daerah otonom dari beberapa jenis telah didirikan atas dasar distribusi geografis kebangsaan.

Pemerintah sangat menghargai perlakuannya terhadap minoritas. Hal itu telah memajukan kesejahteraan ekonomi mereka, meningkatkan standar hidup mereka, menyediakan fasilitas pendidikan, mempromosikan bahasa dan budaya nasional mereka dan meningkatkan tingkat melek huruf mereka, serta memperkenalkan bahasa tertulis yang sebelumnya tidak ada.

Akan tetapi harus dicatat bahwa beberapa minoritas (misalnya,Tibet ) telah mengalami berbagai tingkat represi. Namun, dari 50-an bahasa minoritas, hanya 20 yang memiliki bentuk tertulis sebelum datangnya rezim komunis pada tahun 1949 dan hanya sedikit bahasa tertulis misalnya, Mongolia, Tibet, Uighur, Kazakh (Hasake), Dai, dan Korea (Chaoxian) yang digunakan sehari-hari. Bahasa tertulis lainnya digunakan terutama untuk tujuan keagamaan dan oleh sejumlah orang terbatas. 

3. Penduduk

Jumlah penduduk yang terus bertambah menjadi masalah utama bagi pemerintah. Pada 1955--1958, dengan negara yang berjuang untuk mendapatkan pasokan makanan yang memadai dan dibebani dengan standar hidup umumnya rendah, pihak berwenang mensponsori dorongan pengendalian kelahiran. Upaya kedua dalam pengendalian populasi dimulai pada 1962, ketika inisiatif utama program yang mempromosikan pernikahan terlambat dan penggunaan alat kontrasepsi.

Pecahnya Revolusi Kebudayaan pada 1966 menghentikan upaya keluarga berencana kedua ini, tetapi pada tahun 1970 program ketiga dan yang jauh lebih ketat dimulai. Upaya kali ini adalah mewajibkan nikah terlambat dan pembatasan keluarga dan mencapai puncaknya pada 1979 dalam upaya menerapkan kebijakan satu anak per keluarga.

Tetapi sejak tahun 1970, ketika program keluarga berencana ketiga diluncurkan, upaya negara jauh lebih efektif. Tingkat pertumbuhan penduduk China sekarang termasuk yang terendah untuk negara berkembang, meskipun, karena populasinya sangat besar, pertumbuhan populasi bersih tahunan masih cukup besar. Sekitar seperenam dari populasi berusia di bawah 15 tahun. 

 

3 dari 4 halaman

4. Topografi

Seorang perempuan mengendarai sepedanya dengan seorang anak duduk di kursi belakang melewati Kota Terlarang di Beijing, China, Selasa (7/6/2022). Pemerintah melonggarkan beberapa pembatasan Covid-19 dengan sebagian besar museum gedung bioskop, dan pusat kebugaran diizinkan beroperasi hingga 75 persen dari kapasitas. (WANG Zhao / AFP)

Topografi Cina ditandai dengan banyak kemegahan. Gunung Everest (Qomolangma Feng), terletak di perbatasan antara Cina dan Nepal , adalah puncak tertinggi di dunia, pada ketinggian 8.850 meter.

Sebaliknya, bagian terendah dari Turfan di Daerah Otonomi Uygur di Xinjiang yaitu Danau Ayding berada 155 meter di bawah permukaan laut. Pantai Cina sangat kontras antara Selatan dan Utara. Di sebelah selatan teluk Hangzhou , pantainya berbatu dan menjorok dengan banyak pelabuhan dan pulau lepas pantai.

Di sebelah utara, kecuali di sepanjang semenanjung Shandong dan Liaodong, pantainya berpasir dan datar. Cina rentan terhadap aktivitas seismik yang intens di sebagian besar negaranya. Sumber utama ketidakstabilan geologis ini adalah hasil dari pergerakan lempeng tektonik India yang konstan ke utara di bawah Asia selatan yang telah mendorong pegunungan yang menjulang tinggi dan dataran tinggi di barat daya Cina.

Sepanjang sejarahnya China telah mengalami ratusan bencana besargempa bumi yang secara kolektif telah menewaskan jutaan orang. Dua di abad ke-20 saja di provinsi Gansu timur (1920) dan di kota Tangshan, provinsi Hebei timur (1976) masing-masing menyebabkan sekitar 250.000 kematian, dan gempa di provinsi Sichuan timur-tengah pada 2008 menewaskan puluhan ribu dan menghancurkan wilayah yang luas.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Kuliner

Tembok Besar Cina, Tiongkok. (readersdigest.co.uk)

 

Pao besar seperti baozi adalah roti kukus Cina yang terkenal. Terdiri dari roti kukus yang lembut dan isian gurih yang lezat, mereka mirip dengan jenis roti kukus lainnya, tetapi biasanya berukuran lebih besar. Kue dibuat dengan adonan beragi yang mengembangkan tekstur lembut dan kenyal saat dikukus.

Isinya biasanya campuran daging cincang yang lezat, terutama daging babi atau ayam, jamur shiitake, dan daun bawang, semuanya disiram dengan saus harum yang diresapi dengan kecap, saus tiram, dan minyak wijen. Beberapa versi mungkin termasuk sosis Cina, sementara seperempat telur rebus adalah tambahan yang diterima, biasanya ditempatkan di dalam atau di atas isian daging.

Egg foo salah satu makanan rumahan yang terinspirasi dari irisan telur fu yung, resep rumit yang ditemukan dalam masakan tradisional Shanghai. Secara harfiah memiliki arti telur teratai, hidangan Cina ini terdiri dari telur kocok ringan dengan ham cincang, ayam, potongan daging babi char siu yang renyah, daging sapi, udang, atau bahkan lobster, dan berbagai macam sayuran seperti tauge, rebung, irisan kubis, wortel, daun bawang, seledri, jamur, dan kastanye air.

Pada 1950-an, egg foo young menjadi makanan standar Cina untuk dibawa pulang dan disiapkan sebagai panekuk goreng. Saat ini, telur foo young biasanya digoreng dan disajikan dalam banyak cara, yang paling khas adalah dengan menumis telur dadar beraroma ini dalam saus cokelat kental.

5. Pariwisata

Tentunya ketika bicara pariwisata Cina, maka tak terlepas dari objek wisata terkenalnya Tembok Besar Cina yang memiliki sejarah lebih dari 2000 tahun, ukuran Tempat Wisata di Cina ini sekitar 8.800 km panjangnya. Kemudian wisata alamnya ada Lembah Jiuzhaigou yang digambarkan sebagai negeri dongeng karena memiliki banyak air terjun, pegunungan karst yang tertutup salju, pirus dan danau berwarna hijau yang begitu jernih

Jika mengunjungi ibu kotanya, di Beijing pelancong harus mendatangi Tianamen Square, Museum Nasional Cina, dan Kota Terlarang. Sementara Kunming merupakan pusat transportasi, industri, dan budaya dari barat daya Cina. Dengan iklim ringan, Kunming menjadi tempat wisata di Cina yang baik untuk dikunjungi setiap saat sepanjang tahun. Dengan wilayah yang begitu luas, Cina memiliki lanskap yang menarik dengan pegunungan di dataran tinggi Tibet hingga perbatasan dengan Nepal dan India yang memiliki Everest sebagai gunung tertinggi di dunia. 

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya