Bom Mobil Kembali Mengguncang Kashmir

Sedikitnya lima orang tewas akibat ledakan bom mobil di kawasan pinggiran Srinagar, Kashmir, India. Ledakan terjadi bertepatan dengan waktu pengambilan sumpah jabatan kepala menteri di Kashmir.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Nov 2005, 09:13 WIB
Liputan6.com, Srinagar: Sebuah ledakan bom mobil mengguncang kawasan pinggiran Srinagar Kashmir, India, baru-baru ini. Ledakan terjadi bertepatan dengan waktu pengambilan sumpah jabatan kepala menteri di negara bagian Kashmir. Serangan bom ini merupakan serangan kedua di India dari rangkaian serangan bom di New Delhi, Sabtu silam.

Menurut polisi setempat, ledakan bom mobil itu terjadi setelah pengemudinya menghindar dari pemeriksaan rutin polisi di daerah Nowgam. Selain merenggut lima korban jiwa termasuk dua personel polisi, bom bunuh diri itu juga melukai setidaknya 12 warga sipil akibat terkena serpihan bom.

Beberapa waktu setelah kejadian, kelompok militan Jaishi Muhammad mengatakan berdiri di balik serangan bom tersebut. Kelompok Jaishi Muhammad tersebut merupakan kelompok perlawanan Kashmir yang menuntut kemerdekaan wilayah tersebut itu dari India.

Sejak pecah gerakan perlawanan bersenjata di Kashmir pada 1989, korban jiwa telah mencapai  sebanyak 66 ribu orang. India selama ini menuding Pakistan mendukung dan mempersenjatai kelompok militan Kashmir, tapi tudingan itu terus dibantah Pakistan.(ZIZ/Uri)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya