Sukses

Sungai Batang Air Meluap, Padang Kebanjiran

Setelah hujan deras, Sungai Batang Air meluap dan merendam Kota Padang di Sumatra Barat. Kota Buntok dan enam kecamatan di Barito Selatan, Kalimantan Tengah, juga diterjang banjir.

Liputan6.com, Padang: Hujan lebat sejak kemarin menyebabkan air Sungai Batang Air meluap dan merendam sebagian Kota Padang, Sumatra Barat, Senin (10/1). Akibatnya, ratusan rumah terendam dan warga dievakuasi ke tempat yang aman. Daerah-daerah yang dilanda banjir parah, di antaranya kawasan Kalumpang dan Lubuk Buaya di Kecamatan Koto Tangah. Banjir juga merendam jalan di pusat kota seperti Jalan Pasar Baru dan Jalan Imam Bonjol.

Bencana yang sama melanda Kalimantan Tengah. Setelah Muara Teweh, banjir setinggi dua meter merendam Kota Buntok dan enam kecamatan di Barito Selatan. Tak hanya rumah-rumah penduduk, banjir menggenangi perkantoran dan gedung sekolah. Banjir kali ini adalah salah satu yang terbesar di Kalteng dalam 10 tahun terakhir [baca: Sejumlah Daerah Kebanjiran].

Banjir juga memaksa warga mengungsi ke rumah kerabat dan sanak saudara mereka di kota lain. Sementara sejumlah warga memanfaatkan situasi ini untuk mengais rejeki dengan menjadi penunjuk jalan.

Masyarakat di tujuh dusun di Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat, juga didera banjir. Sedikitnya 700 rumah di sana kebanjiran menyusul luapan air sungai. Selain itu, jalan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Sarawak, Malaysia, juga terputus.

Genangan air terparah setinggi kira-kira dua meter merendam Dusun Parit Amangku, Sebukit Rama, dan Dusun Suap. Akibatnya, sekitar 1.000 jiwa mengungsi ke daerah yang lebih tinggi seperti di pegunungan.(OZI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.