Sukses

Market Watch: Sentimen The Fed Bikin Dana Asing Keluar?

Apakah pernyataan Janet Yellen akan menarik dana asing keluar dari emerging market termasuk Indonesia dalam jangka pendek?

Liputan6.com, Jakarta - Dana asing yang masuk ke pasar modal Indonesia mencapai Rp 22 triliun pada Jumat 21 Maret 2014. Data ekonomi Indonesia yang relatif membaik jadi salah satu pemicunya.

 

Penetapan Joko Widodo sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dinilai juga akan menarik dana investor asing.

 

Namun pemerintah dan Bank Indonesia (BI) terlena. Hal itu terlihat dari respons pelaku pasar negatif terhadap wacana kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS). Rencana bank sentral AS ini membuat bursa saham global, Asia dan Indonesia melemah pada Kamis 20 Maret 2014.

 

Lalu apakah pernyataan Janet Yellen ini akan menarik dana asing keluar dari emerging market termasuk Indonesia dalam jangka pendek? Apakah Indonesia masih jadi tempat menarik investasi untuk investor asing? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Analis PT Buana Capital Alfred Nainggolan.

Â