Sukses

VIDEO: 119 Warga Tambolaka Ikuti Operasi Katarak Pundi Amal SCTV

Pundi Amal SCTV menggelar bakti sosial pengobatan gratis operasi penyakit katarak di Rumah Sakit Karitas, Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Liputan6.com, Jakarta Pundi Amal SCTV menggelar bakti sosial pengobatan gratis operasi penyakit katarak di Rumah Sakit Karitas, Tambolaka, Sumba Barat Daya. Bakti sosial pengobatan gratis ini bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (6/9/2016), selama dua hari pelayanan, lima dokter spesialis mata bersama lima perawat melakukan pelayanan operasi terhadap 119 pasien. Jumlah tersebut terdiri dari anak-anak hingga orang tua.

Sebelum menjalani operasi warga terlebih dahulu mengikuti beberapa tahap seleksi. Di antaranya mengukur tekanan darah, tes penglihatan, screening, dan tes tingkat gula darah.

Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Tallu yang hadir di tengah para pasien mengaku terbantu. Sebab warganya mendapat operasi katarak gratis di tengah keterbatasan tenaga medis.

Markus berharap pelayanan operasi gratis penyakit katarak yang digelar oleh Yayasan Pundi Amal SCTV terus berlanjut hingga ke pelosok. Seiring program pemerintah yang menargetkan Indonesia bebas katarak pada 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.