Sukses

Posko Siaga Banjir Jakarta Mulai Beroperasi di Titik Rawan

Posko banjir didirikan di permukiman yang lebih rendah dari permukaan air sungai.

Liputan6.com, Jakarta - Sedia payung sebelum hujan. Mungkin itu pepatah untuk menjelaskan berbagai persiapan Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Petugas dan warga mendirikan posko siaga banjir, Selasa siang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (17/11/2015), lengkap dengan perahu karet, dapur umum, obat-obatan dan tenda pengungsi. Posko ini didirikan di halaman Kantor Kelurahan Kapuk Muara.

Wilayah itu masuk dalam lokasi rawan banjir di Ibukota, lantaran letak permukiman yang lebih rendah dari permukaan air sungai yang jaraknya hanya terpaut beberapa meter saja.

‎‎Sementara di kawasan Grogol, Jakarta Barat, 4.500 personel siaga banjir menggelar apel pada Selasa siang. Pemkot Jakarta Barat menyiapkan personel dan pompa air untuk 5 titik rawan banjir, di antaranya untuk Rawa Buaya, Kebon Jeruk, Palmerah, Tambora dan Grogol.

Mereka bertugas mengawasi aliran kali dari Sungai Ciliwung, saat debit air bertambah dan mengantisipasi penumpukan sampah.

Kini warga Jakarta menanti aksi siaga para personel siaga banjir. Tidak hanya siaga sebatas apel atau upacara. Melainkan sampai genangan air datang. (Dan/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini