Sukses

Sosok Minggu Ini: Jawara Penyelamat Lingkungan

Banyak warga muda yang semakin mengenal tradisi luhur setempat untuk selalu merawat lingkungan demi kesejahteraan bersama berkat Abu Kari.

Liputan6.com, Aceh - Pegunungan Leuser di Aceh adalah hutan tropis yang kaya flora dan fauna. Kawasan ini bagian penting paru-paru dunia. Di tepi Sungai Pining, berdiam sosok Abu Kari Am An Jarum.

Abu Kari, sapaan akrabnya, biasa dikenal sebagai penjaga ekosistem Gunung Leuser. Bagi Abu Kari, menjaga dan merawat kawasan ini adalah bagian dari perintah leluhur yang harus dijunjung tinggi.

"Jadi syair zaman dulu inilah bukti bahwa orang zaman dulu, sudah duluan menyelamatkan hutan, kalau kita pelajari syairnya," ucap Abu Kari.

Dulu, Abu Kari sempat berjuang sendirian. Sejak tahun 1966, sudah hampir 50 tahun lalu, Abu Kari mulai menanami daerah ini dengan bambu.

Beberapa tahun lalu, demi memperkuat gerakan penyelamatan lingkungannya, Abu Kari mendirikan lembaga Harimau Pining. Abu Kari yang tidak tamat sekolah dasar memimpin banyak anggota yang sebagian besar sarjana.

Sekitar seminggu sekali, belasan warga bertemu Abu Kari untuk membicarakan upaya-upaya pelestarian lingkungan. Dana kegiatan berasal dari kantong Abu Kari sendiri atau sumbangan para anggota.

Abu Kari dan kelompoknya mencoba merawat lingkungan dengan berbagai cara. Mulai dari memberi nasehat sampai membuat perjanjian dengan masyarakat untuk menerapkan denda bagi siapa saja yang tertangkap tangan merusak lingkungan.

Sepak terjang Abu Kari telah meninggalkan jejak di benak masyarakat Pining. Banyak warga muda yang semakin mengenal tradisi luhur setempat untuk selalu merawat lingkungan demi kesejahteraan bersama.

Sudah tidak muda lagi, Abu Kari berharap semakin banyak genarasi muda yang sadar untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan.

Saksikan bagaimana Abu Kari yang tidak tamat sekolah dasar dapat menjaga, melestarikan lingkungan, serta membuat lembaga Harimau Pining dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (4/10/2015), di bawah ini. (Vra/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.