Sukses

6 Bulan Mengajar, Ratusan Guru Madrasah di Palembang Belum Digaji

Dana BOS untuk membayar honor para guru di Palembang tak kunjung cair.

Liputan6.com, Palembang - Tak ada yang berbeda dengan aktivitas belajar-mengajar di madrasah tsanawiyah atau setingkat SMP di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Murid giat belajar, para guru pun tetap mengajar. Namun di tengah pengabdiannya mengajar ratusan murid, para guru madrasah ini sudah 6 bulan belum digaji.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (14/9/2015), penyebabnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membayar honor para guru ini tak kunjung cair.

Jumlah dana BOS untuk seluruh sekolah madrasah di Palembang diperkirakan mencapai miliaran rupiah per bulan. Dana BOS bukan hanya untuk membayar honor para guru, namun juga membayar rekening air dan listrik hingga membeli peralatan belajar.

Untuk menutupi semua tagihan itu, tak jarang para guru harus menyisihkan uang pribadi mereka. Atau mengutang kepada pemilik toko.

Pepatah lama mengatakan, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, namun bukan berarti hak para guru Indonesia harus diabaikan. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini