Sukses

Hutan Pinus di Lereng Merapi Kembali Terbakar

Hutan pinus Taman Nasional Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah terbakar lagi.

Liputan6.com, Magelang - Setelah sempat padam, hutan pinus Taman Nasional Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah kembali terbakar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (30/8/2015), untuk memadamkan api yang membakar hutan pinus di Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung petugas Taman Nasional Gunung Merapi atau TNGM dibantu oleh polisi, tentara, dan warga.

Namun karena luasnya lahan yang terbakar, pemadaman belum bisa tuntas dilakukan. Apalagi lokasi sulit dijangkau dan sumber air untuk memadamkan api sangat terbatas. Angin yang bertiup kencang juga mempersulit pemadaman.

Dalam kebakaran kali ini, salah satu alat penting milik Balai Penelitian Pengembangan Teknologi (BPPT) Gunung Api pun ikut terbakar.

Alat itu berfungsi merekam aktivitas seismik dan bahaya lahar hujan dari puncak Gunung Merapi yang bisa diakses oleh masyarakat. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini