Sukses

Gunung Raung Kembali Semburkan Material Vulkanik

Aktivitas Vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur kembali meningkat tajam sepanjang Selasa kemarin hingga Rabu pagi tadi.

Liputan6.com, Bondowoso - Aktivitas Vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur kembali meningkat tajam sepanjang Selasa kemarin hingga Rabu pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (5/8/2015), kondisi Gunung Raung yang terlihat dari Desa Sumberwringin, Bondowoso, di perbatasan Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso ini kembali erupsi dengan menyemburkan material vulkanik pekat dan tebal.

Aktivitas gunung api setinggi 3.328 meter ini terus meningkat signifikan. Dalam beberapa hari terakhir dari pantauan Pos Pengamatan Gunung Api Songgon, Banyuwangi, sepanjang Selasa malam hingga Rabu pagi, gempa tremor Gunung Raung menyentuh amplitudo tertinggi yaitu mencapai 31 milimeter.

Warga sekitar lereng Raung juga mendengar suara gemuruh yang keras dan terjadi dalam rentang waktu kurang dari 10 detik. Suara gemuruh bahkan terdengar hingga jarak 40 kilometer.

Akibat erupsi Gunung Raung selama lebih dari sebulan terakhir menyebabkan ratusan hektare lahan pertanian di sekitarnya rusak, disusul hujan debu yang lagi-lagi menyelimuti Bandara Notohadinegoro, Jember. Dampaknya aktivitas penerbangan selama 2 hari terakhir terpaksa dihentikan. (Mar/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.