Sukses

Raung Kembali Aktif, Warga Khawatir Retakan di Puncak Kawah

Warga di sekitar kaki Gunung Raung di Jawa Timur khawatir menyusul timbulnya retakan baru di seputar puncak kawah.

Liputan6.com, Bondowoso - Warga di sekitar kaki Gunung Raung di Jawa Timur khawatir menyusul timbulnya retakan baru di seputar puncak kawah Gunung Berapi itu. Sementara itu, data vulkanologi menunjukkan terjadi peningkatan signifikan dari aktivitas Gunung Raung.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (3/8/2015), ini adalah kondisi Gunung Raung dilihat dari Desa Sumberwaringin, Bondowoso pada Senin pagi. Setelah sempat mereda beberapa hari terakhir, sejak Senin dinihari gunung di perbatasan Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi ini aktif lagi secara signifikan.

Berdasarkan data vulkanologi, tinggi semburan material vulkanis yang sempat turun ke 500 meter kembali naik dengan tekanan sedang hingga setinggi 1.500 meter. Raung pun terus menyemburkan abu yang mengarah ke barat daya. Sebagian wilayah Bondowoso pun dilanda hujan debu.

Warga di sekitar Gunung Raung juga melihat pendaran api dari puncak kawah dengan kekuatan cahaya yang lebih kuat dari sebelum-sebelumnya.

Kini warga mengkhawatirkan munculnya retakan baru yang menciptakan celah di sekitar puncak kawah, tepatnya di sisi barat Raung. Retakan tersebut diduga terjadi akibat tekanan gempa yang ditimbulkan oleh aktivitas vulkanik di perut Raung.

Meski khawatir, hingga Senin pagi warga tetap beraktivitas seperti biasa. Hanya warga kini dilarang mendekati Raung kurang dari jarak 3 km. Status gunung setinggi 3.332 meter itu juga masih siaga. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini