Sukses

Resiko Kecelakaan Meningkat Drastis Gara-gara SMS

Fitur ponsel yang semakin canggih membuat orang semakin banyak beraktivitas dengan melibatkan perangkat komunikasi. Sayangnya, tak sedikit orang yang tetap menggunakan ponsel sambil mengemudi.

Sebuah studi pun dilakukan oleh The National Institutes of Health dan Highway Traffic Safety Administration Nasional untuk memperlihatkan seberapa besar resiko kecelakaan lalu lintas yang mungkin terjadi akibat penggunaan ponsel saat mengemudi.

Penelitian ini dilakukan menggunakan perangkat teknologi seperti kamera video, GPS, alat pelacak serta sensor pengukur kecepatan dan percepatan. Alat-alat tersebut diletakkan pada 42 mobil dengan pengendara baru berlisensi berusia 16 dan 17 tahun. Riset ini juga dilakukan kepada 109 pengemudi dewasa yang sudah berpengalaman 20 tahun mengemudi mobil.

Hasil riset memperlihatkan pengemudi yang hanya berbincang melalui telepon tak memiliki resiko kecelakaan yang terlalu besar. Perilaku cara menjawab dan mematikan panggilan disinyalir memperbesar resiko yang diakibatkan penggunaan telepon saat berkendara.

Riset ini juga menunjukkan pengemudi pemula yang berlisensi memiliki resiko 700% mengalami kecelakaan karena menjawab telepon saat mengemudi. Resiko itu akan meningkat 400% lagi dari jumlah resiko tersebut bila mereka mengemudi sambil SMS-an.

Sedangkan bagi pengemudi yang berpengalaman, resiko tabrakan meningkat cukup tinggi saat sambil menelepon namun tidak disebutkan berapa persen resikonya.

Menurut yang dilansir laman AP, studi ini menunjukkan bahwa ketika pengguna bisa menjawab telepon secara mudah dengan aksesoris, maka resiko kecelakaan lalu lintas akan berkurang secara drastis. Hasil ini terlihat jauh berbeda dengan laporan dari riset yang dilakukan lembaga lainnya.

Riset ini dilakukan di 37 negara yang melarang remaja menggunakan ponsel saat mengemudi, 12 negara di antaranya melarang seluruh pengemudi mengoperasikan ponsel ketika menyetir dan 41 negara lokasi uji coba melarang aktivitas SMS ketika mengemudi. (den)


Baca juga:
Pengguna Ponsel Dilarang Jalan Kaki Sambil Chatting
Nyeberang Jalan Sambil Telepon, Perlu Dihukum atau Tidak?
Tesla Kembangkan Teknologi Mobil Tanpa Supir
Pakai 6 Aplikasi Ini Agar Tak Kecelakaan Seperti Dul Ahmad Dhani


Loading