Sukses

Asia Pasifik Penyumbang Terbesar `Like` & `Share` di Facebook

Asia Pasifik (termasuk Indonesia) dan Eropa Barat berada di peringkat teratas sebagai wilayah penyumbang jumlah Like dan Share terbesar.

Situs berita teknologi Mashable merilis data perilaku pengguna Facebook sepanjang tahun 2013. Tentunya banyak fakta menarik yang berhasil mereka ungkap dari perilaku para pengguna Facebook. Salah satunya mengenai jumlah 'Like' dan 'Share' di jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

Menurut data yang dipublikasikan Mashable, sejak desain tombol Like dan Share di Facebook diperbarui, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam jumlah penggunaannya. Meski tidak mengungkap angka pasti berapa kali tombol Like dan Share di-klik oleh pengguna, namun diperkirakan tombol ini telah dimanfaatkan oleh sekitar 7,5 juta situs di berbagai penjuru dunia untuk mempromosikan konten yang mereka miliki.

Menariknya lagi, 80% Like dan Share di Facebook berasal dari pengguna di luar Amerika Serikat. Asia Pasifik (termasuk Indonesia) dan Eropa Barat berada di peringkat teratas sebagai wilayah penyumbang jumlah Like dan Share terbesar dengan masing-masing berkontribusi sebesar 21%.

Sementara Amerika Serikat menyumbang 20%. Sedangkan yang terendah adalah wilayah Asia Barat dengan hanya menyumbang 2% jumlah Like dan Share di sepanjang tahun 2013 ini.

Lebih lanjut Mashable menjelaskan, ada dua hal yang menyebabkan wilayah Asia Pasifik menjadi penyumbang terbesar jumlah Like dan Share di Facebook untuk tahun ini.

Yang pertama adalah faktor populasi. Asia Pasifik adalah tempat tinggal 4,3 miliar penduduk. Meski sesungguhnya jumlah tersebut harus dikurangi 1,3 miliar masyarakat China di mana di negara tersebut Facebook diblokir, Asia Pasifik masih menjadi wilayah yang memiliki populasi yang sangat tinggi.

Dan yang kedua adalah faktor tren media sosial. Seperti yang diketahui masyrakat Asia Pasifik, termasuk Indonesia, adalah pengguna media sosial yang sangat aktif. Bahkan menurut data yang dirilis World Stats, Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbesar dunia dengan jumlah 65 juta pengguna Facebook aktif. (dhi)

Baca juga:
Setelah Facebook dan Twitter, Iran Blokir WeChat
Facebook Terbelit Pajak, Mark Zuckerberg Jual Saham
Lama Ditunggu, Ikon Dislike Akhirnya Ada di Facebook


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.