Sukses

Tablet HP Ini Dilengkapi Barcode Untuk Transaksi Bisnis

Kehadiran barcode dan magnetic stripe reader (MSR) di tablet ini terlihat dapat memudahkan proses transaksi ketika toko sedang ramai.

Komputer tablet adalah salah satu perangkat mobile yang diminati di pasar gadget. Perangkat mobile tersebut dibuat dengan berbagai fitur untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk sebagai mesin kasir.

Tak ingin ketinggalan, produsen komputer asal Amerika Serikat Hewlett Packard (HP) meluncurkan tablet komersial pertama buatannya. Tablet itu diberi nama HP ElitePad Mobile POS Solution dan menyasar segmen enterprise dan usaha kecil menengah (UKM).

Andi Firmanata, Business Development Manager Accesories, Services & Retail Solution HP menyebut tabletnya ini dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung bisnis.

"Tablet ini dibuat untuk segmen komersial bukan konsumen biasa. Di dalamnya dilengkapi banyak fitur pendukung kelas enterprise," papar Andi yang ditemui tim Tekno Liputan6.com di acara peluncuran di Exodus Resto, Jakarta.

Lebih lanjut Andi menjelaskan bahwa tabletnya ini bisa dipakai pada berbagai lokasi seperti toko, minimarket, gudang hingga tempat kerja lainnya. Ia pun memberikan contoh penggunaan tablet tersebut ketika dipakai di pusat perbelanjaan.

Kehadiran barcode dan magnetic stripe reader (MSR) di tablet ini terlihat dapat memudahkan proses transaksi ketika toko sedang ramai. Pembayaran melalui kartu debit dan kartu kredit juga dapat dilakukan langsung memakai tablet tersebut.

Meskipun dibuat untuk penggunaan bisnis, tablet komersial ini juga dilengkapi kemampuan menjalankan aplikasi lainnya, dengan catatan aplikasi itu berbasis Windows 8.

"Semua aplikasi berbasis Windows 8 bisa berjalan di tablet HP ElitePad Mobile POS. Game atau aplikasi game lainnya juga bisa dijalankan di sini," kata Andi.

ElitePad Mobile POS Solution hadir dengan layar 10,1 inci. Tersedia pada Januari 2014 dengan harga mulai dari Rp 14 juta tablet ini memakai prosesor Intel Z2760 Atom, Intel Graphics Media Accelerator 533 MHz memori 2 GB, dan memori internal 64 GB.

Fitur koneksi 3G dan Wifi melengkapi kemampuan tablet ini. Ada pula jack audio 3,5 mm serta fitur-fitur keamanan seperti HP Client Security, Security Manager, Credential Manager, Password Manager, dan Drive Encryption. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.