Sukses

Ini Tanggapan BlackBerry Soal BBM Delay di Android-iOS

Kecepatan jaringan mempengaruhi seberapa cepat pesan bisa dikirimkan penggunanya. Kuota layanan data juga berpengaruh.

Sejumlah pengguna mengeluh kalau layanan BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS sering delay dalam mengirimkan pesan. Akibatnya tak sedikit pengguna aplikasi BBM masih menggantungkan diri pada aplikasi pesan instan lain, WhatsApp misalnya.

Menanggapi hal itu, pihak BlackBerry Indonesia mengklaim bahwa server BBM untuk Android maupun iOS tak mengalami gangguan apapun. Seperti diketahui, meski sudah dilepas ke perangkat non-BlackBerry, sistem BBM masih menggunakan fasilitas BlackBerry.

"Nggak ada (gangguan) apa-apa. BBM di Android dan iPhone aman-aman saja kok," ungkap Yolanda Nainggolan, Public Relations Manager BlackBerry Indonesia yang dihubungi tim Tekno Liputan6.com.

Hingga saat ini menurut Yola tidak ada laporan gangguan atau delay dari pesan yang dikirim melalui aplikasi pesan instan yang telah dipakai lebih dari 60 juta orang di dunia itu.

"Sampai saat ini tidak ada laporan apa pun sama BBM di Android dan iPhone yang masuk ke kami. Everything is ok, nothing happens," tambah Yolanda lagi.

Sebagian pengguna mengaku pesan yang melalui BBM di ponsel Android-nya seringkali delay. Namun, ada yang memaparkan bahwa delay yang dialaminya dipengaruhi oleh koneksi layanan data dari operator selular yang digunakan.

"Kadang ada delay, tapi kayanya itu karena sinyal, soalnya kalau lagi delay biasanya pas di tempat yang sinyalnya jelek," ungkap Inda, pengguna BBM Android.

Kemungkinan terhambatnya komunikasi melalui BBM di Android dan iPhone yang disebabkan masalah jaringan diamini oleh Yolanda. Kecepatan jaringan mempengaruhi seberapa cepat pesan bisa dikirimkan penggunanya.

"Harus dicek koneksinya apakah 2G, 3G atau HSPA. Jika makin cepat ya berarti makin cepat juga pesannya terkirim, tapi sebenarnya 2G aja cukup untuk BBM," imbuh Yola.

"Kuota layanan data yang dimiliki pelanggan juga harus diperhatikan sebab bila kuota pelanggan sudah habis maka kecepatannya kan pasti diturunkan, dampaknya kan pasti ke semua aplikasi termasuk BBM," tandas Yola. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.